Temukan Produk Berbahaya, BBPOM-Aliyah Gelar Edukasi ke Masyarakat – UPEKS
MAKASSAR CITY

Temukan Produk Berbahaya, BBPOM-Aliyah Gelar Edukasi ke Masyarakat

MAKASSAR, UPEKS.co.id–  Kegiatan sosialisasi pemberdayaan masyarakat melalui komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE) obat dan makanan, kembali diadakan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) di Makassar yang bermitra dengan Komisi IX DPR RI.

Sosialisasi yang berlangsung di Auditorium Kampus STIE Amkop Makassar, Jalan Meranti, Kamis (8/11/2018), dihadiri oleh Anggota DPR RI, Aliyah Mustika Ilham.

BBPOM mengungkapkan pihaknya menemukan masih banyak beredar di masyarakat jenis obat dan makanan yang berbahaya.

“Kami melihat banyak terjadi pelanggaran produksi makanan dan obat ini karena ketidaktahuan masyarakat. Karenanya, kita sepakat untuk melakukan sosialisasi seperti ini bersama dengan Komisi IX DPR RI yang memang adalah mitra kami,” kata Abdul Rahim, Kepala BBPOM di Makassar.

Rahim mengatakan, baru saja beberapa hari yang lalu pihaknya menemukan kasus produksi kosmetik yang tidak memiliki izin, begitupun dengan makanan dan minuman.

“Ada banyak sekali makanan yang mengandung bahan berbahaya. Kami juga menemukan jamu yang seharusnya dari bahan alami tapi mengandung bahan-bahan kimia. Termasuk obat-obatan yang sering disalahgunakan,” katanya.

Sementara itu, Aliyah Mustika Ilham,  mengedukasi masyarakat untuk mengenali cara mengetahui produk-produk yang mengandung bahan-bahan berbahaya.

“Kita punya cara untuk mengetahui produk-produk berbahaya tersebut dengan tiga poin, yaitu ceklik. Cek Lebel sebelum membeli produk makanan, minuman, atau obat-obatan, cek kemasan, harus seksama dan layak, dan cek tanggal kadaluwarsa. Inilah yang harus kita teliti bersama sebelum membeli produk-produk tersebut,” jelasnya dihadapan ratusan peserta sosialisasi.

Legislator yang membidangi kesehatan dan tenaga kerja ini dikenal aktif turun ke masyarakat memberikan edukasi. (Mimi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!