YKF Distribusi 6.000 Liter Air Bersih Setiap Hari – UPEKS
NASIONAL

YKF Distribusi 6.000 Liter Air Bersih Setiap Hari

Huntara Petobo Siap Huni

PALU, Upeks.co.id — Yayasan Kemanusiaan Fajar (YKF) mendistribusikan sedikitnya 6.000 liter air bersih setiap hari di Palu, Sigi, dan Donggala. Distribusi air bersih diutamakan di kamp pengungsi dan relawan.

Proses distribusi dilakukan melalui mobil tangki sumbangan Yayasan Tiga Roda. Kendaraan inilah yang secara rutin mengunjungi titik pengungsi setiap pagi dan sore.

Kepala Sekretariat YKF, Masjidan, menjelaskan, seluruh pihak terkait memberi apresiasi positif terhadap bantuan kemanusiaan yang disalurkan YKF.

“Warga dan pemerintah memberi dukungan moril dan menyampaikan terima kasih kepada donatur YKF,” jelas Masjidan, Minggu, 11 November, saat ditemui di Petobo, Sulawesi Tengah.

Minggu siang, Ketua Dewan Penasihat YKF yang juga Wakil Presiden RI, HM Jusuf Kalla, melakukan kunjungan ke Palu dan Sigi. Selain sejumlah menteri, Jusuf Kalla juga didampingi Penasihat YKF, HM Alwi Hamu.

Dari Bandara Mutiara Palu, Jusuf Kalla langsung meninjau lokasi pembangunan Masjid Athirah di Petobo. Di tempat ini, Jusuf Kalla menggelar dialog dengan sejumlah pengungsi.

Selain itu, Jusuf Kalla juga meninjau lokasi pembangunan Hunian Sementara (Huntara) di Desa Mpanua, Sigi. Huntara ini dibangun di bawah kendali Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Total Huntara yang dibangun untuk korban gempa dan tsunami Palu-Donggala-Sigi ini mencapai 70 unit. Terdiri dari 840 bilik yang bisa menampung 840 kepala keluarga.

Kelak, Huntara ini menjadi rumah bagi 4.200 pengungsi yang kehilangan tempat tinggal akibat bencana pada 28 September lalu itu. Sebagian Huntara sudah siap dihuni.

Di Palu, Jusuf Kalla juga menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah pihak terkait. Termasuk dengan Gubernur Sulawesi Tengah dan para kepala daerah yang terdampak bencana. Rapat koordinasi berlangsung di ruang kerja Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola. (rls)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!