Pemda Ramah Tamah Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-54 – UPEKS
ANEKA

Pemda Ramah Tamah Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-54

SINJAI, UPEKS.co.id—Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai menggelar
malam ramah tamah Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 tahun 2018 di Kabupaten Sinjai yang berlangsung di
Halaman Rumah Jabatan Sinjai, Kamis (15/11) malam.

Ketua Panitia, H.Mahyudin, SKM,M.Kes dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini sebagai  pengingat bahwa derajat kesehatan masyarakat dapat terwujud jika semua komponen berperan serta dalam  upaya kesehatan dengan memprioritaskan promotif preventif dan gerakan masyarakat hidup sehat.

“Tema HKN ke -54 tahun 2018 adalah Aku Cinta Sehat dengan sub tema, Ayo Hidup Sehat Mulai Dari Kita.  Sejumlah kegiatan yang digelar diantaranya, upacara, kegiatan seminar ilmiah, kegiatan olahraga dan seni, gerak  jalan santai,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, dr. Andi Suryanto Asapa dalam sambutannya  menyampaikan bahwa angka kematian ibu dan anak dimana Sinjai masih menduduki posisi ketiga.

“Kematian ibu,  persoalan gizi buruk dan imunisasi adalah penyebabnya. Hal inilah yang masih menjadi masalah dan mendapat  perhatian dalam moment hari Kesehatan Nasional kali ini,” katanya.

Terpisah Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa, SH,LLM menyampaikan bahwa visi pemerintah Kabupaten Sinjai tahun  2018-2023 adalah terwujudnya masyarakat Sinjai yang mandiri, berkeadilan dan religius melalui peningkatan  kualitas sumberdaya manusia yang unggul dan berdaya saing.

Visi misi ini diwujudkan melalui pemenuhan standar pelayanan minimal dalam penyelenggaraan urusan wajib pelayanan dasar dan meningkatkan derajat kesehatan secara inklusif.

Sebagai tindak lanjut dari visi misi telah dilaunching program home visit dan home care, program rumah singgah pasien dan keluarga di Makassar, gerai pelayanan terpadu satu pintu di RSUD Sinjai dan deklarasi komitmen peningkatan usia harapan hidup, penurunan angka kematian ibu dan angka kematian anak, penanggulangan gizi kurang/gizi buruk dan stunting serta peningkatan cakupan imunisasi dasar lengkap,jelasnya.

Lanjut bupati, seiring dengan program-program kesehatan yang kita lakukan, kita masih menghadapi berbagai  tantangan pembangunan kesehatan seperti tingginya angka kematian ibu, angka kematian bayi, gizi kurang dan stunting, prevalensi penyakit menular dan tidak menular yang makin tinggi.

“Peringatan HKN kali ini dapat menjadi sebuah momentum yang tepat untuk menguatkan komitmen kita semua dan untuk merefleksikan kembali sejauh mana keberhasilan pembangunan kesehatan yang telah dilaksanakan dalam  meningkatkan derajat kesehatan masyarakat serta sejauh mana keberhasilan sektor kesehatan dalam melibatkan
semua unsur, lintas sektor dalam melaksanakan pembangunan kesehatan,” terangnya.

Acara dihadiri Wakil Ketua dan Anggota DPRD, para anggota FORKOPIMDA, Sekda , para staf ahli, para asisten,  para Kepala Perangkat Daerah, para kabag, para pimpinan BUMN/BUMD, para pimpinan organisasi profesi, dan  tenaga kesehatan se-Kabupaten Sinjai. Usai acara inti, dilanjutkan dengan acara hiburan berupa persembahan  juara vokal grup, fashion show. (egy).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!