Tingkatkan Ekonomi Warga, Disperdastri Gowa Bangun Enam Pasar Rakyat – UPEKS
ANEKA

Tingkatkan Ekonomi Warga, Disperdastri Gowa Bangun Enam Pasar Rakyat

GOWA, UPEKS.co.id– Hari Jadi Gowa (HJG) yang ke 698 yang jatuh pada 17 November 2018 kali ini  mendapatkan kado istimewa, Yakni dengan terbanggunnya enam Pasar Rakyat di beberapa Kecamatan.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdastri) Gowa, Andi Sura Suaib mengatakan untuk tahun
2018 ini pemkab Gowa memang membangun enam pasar sekaligus.

“Pembangunan Pasar ini sesuai harapan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan bagaimana mewujudkan pasar
yang nyaman aman dan bersih. Dan yang terpenting hadirnya beberapa pasar juga dapat meningkatkan
perekonomian masyarakat,” kata Kadis Perdastri Gowa, saat yang ditemui, Jumat (16/11/2018).

Ia juga menerangkan ke enam pasar yang dibangun yakni Pasar Rakyat Limbung di Kecamatan Bajeng, Pasar  Takyat Tamaona di Tombolopao, Pasar Rakyat Sapaya di Bungaya, Pasar Rakyat Tala-tala yang terletak di
Kecamatan Biringbulu, pasar Rakyat Bontoramba di Bontonompo Selatan, dan Pasar Rakyat Parang di Kecamatan  Parangloe.

Sementara itu Kepala Bidang Bina Pasar, Disperdastri Gowa, Ma’ruf menambahkan ke enam pasar yang  dibangun tersebut tiga diantaranya pembangunannya telah rampung 100 persen dan rencananya akan diresmikan  oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan pada saat perayaan hari jadi Gowa ke 698.

“Rencanannya Bapak Bupati akan meresmikan tiga pasar melalui penandatangan Prasasti di hari jadi Gowa.  Pasar yang akan diresmikan yakni pasar Rakyat Tala-tala, Pasar Rakyat Bontoramba, dan Pasar Rakyat Parang.  Semuanya itu bersumber dari DAK,” Jelasnya.

Diketahui sebelum membangun enam pasar di tahun ini, Pemkab Gowa terlebih dahulu membangun lima pasar di  tahun 2017 lalu juga membangun dua pasar sekaligus. Dan rencananya pula Pemkab Gowa kembali akan  membangun lima pasar di tahun 2019 nanti.

Selain itu untuk memajukan dan menumbuh kembangkan Industri kecil Menengah (IKM), Disperdastri Gowa juga  senatiasa memberikan pelatihan-pelatihan kepada para pelaku usaha serta memberikan bantuan sarana dan  prasaran peningkatan usaha.

“Khusus para pelaku usaha di IKM kita memberikan pelatihan dan memberikan bantuan untuk pengembangan  usahanya. Tentunya harapan kita bagaimana para pelaku usaha kita mampu berkembang dan mandir, dan terbukti  Kemarin Bapak Bupati Gowa menerima penghargaan piala Natamukti dari Internasional indonesia Council For  Small Bussiness (ICSB) karen dinilai mamapu mendorong keberlangsu dan kemajuan UMKM di Gowa,” Tambah  Andi Sura Suaib. (Sofyan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!