PT Vale-Pemerintah Bergerak Bersama pada Program Pengembangan Masyarak – UPEKS
NASIONAL

PT Vale-Pemerintah Bergerak Bersama pada Program Pengembangan Masyarak


JAKARTA, UPEKS.co.id–PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) secara berkelanjutan mendorong program-program pengembangan masyarakat di berbagai segmen. Penguatannya dilakukan melalui kolaborasi dengan pemerintah.

Paling anyar, hal tetsebut dimanivestasikan dengan melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (Memory of Understanding/MoU) dan Perjanjian Kerja Sama dengan Direktorat Jenderal Pembangunan Kawasan Perdesaan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sulawesi Selatan dan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur terkait pelaksanaan Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat dan Pengembangan Kawasan Perdesaaan Mandiri di wilayah pemberdayaan PT Vale di Kabupeten Luwu Timur.

Penandatanganan dokumen tersebut dilakukan oleh Presiden Direktur PT Vale Nico Kanter, Wakil Presiden Direktur PT Vale Bernardus Irmanto dan Direktur Komunikasi dan Urusan Luar PT Vale Gunawardana Vinyaman, Sekjen Kementerian Desa PDTT Anwar Sanusi, Gubernur Sulawesi Selatan H.M. Nurdin Abdullah dan Bupati Luwu Timur M. Thorig Husler yang bertempat di Gedung Kementerian Desa PDTT, Jakarta (18/11/2018).

Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama dilakukan untuk menyinergikan program dan kegiatan yang bertujuan mewujudkan kesejahteraan masyarakat di wilayah pemberdayaan PT Vale di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

Lingkup kerja sama meliputi pengembangan dan pemberdayaan masyarakat dan kawasan perdesaan, implementasi Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) dan Program Pengembangan Kawasan Perdesaan Mandiri (PKPM), pembinaan dan penguatan kapasitas kelembagaan pemerintahan di tingkat desa dan kelurahan, pembinaan dan penguatan kapasitas Badan Kerjasama Antar Desa dan Pembinaan dan penguatan kapasitas Badan Usaha Milik Desa dan, atau Badan Usaha Milik Desa Bersama.

Sinergi tersebut, menurut Nuco Kanter, dilandaskan pada kehadiran regulasi baru, khususnya Kepmen ESDM Nomor 1824 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat dan UU Desa yang mengarahkan seluruh elemen baik pemerintah dan swasta bersama-sama dan sinergis dalam program pengembangan masyarakat.

“Dalam merealisasikan program pengembangan masyarakat, PT Vale berupaya mencermati target-target nasional dan daerah. Kami juga mempertimbangkan regulasi-regulasi baru pemerintah terkait pembangunan desa. Kami harap dengan pola dan skema baru Program Pengembangan Kawasan Perdesaan Mandiri, pembangunan khususnya desa dapat lebih tercapai termasuk tujuan pembangunan Kabupaten Luwu Timur 2021,” ungkap Nico Kanter.

“Kami juga berterima kasih dan mengapresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Luwu Timur, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Kementerian Desa PDTT yang mau besinergi dan bekerjasama dalam pembangunan wilayah pemberdayaan perusahaan ke depan,” tambah Nico. (hry).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!