Melebihi Kapasitas, Angkasa Pura I Perluas Bandara Sultan Hasanuddin – UPEKS
UTAMA

Melebihi Kapasitas, Angkasa Pura I Perluas Bandara Sultan Hasanuddin

MAROS, Upeks.co.id–Jumlah penumpang dan pengguna bandara Sultan Hasanuddin selama kurun waktu tahun 2018 mengalami kenaikan. Jika tahun sebelumnya jumlah pengguna bandara mencapai 12 juta pertahun, maka di tahun ini tercatat pengguna bandara telah mengalami kenaikan menjadi 13,8 juta.

Co General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Djon Herry menuturkan, dari tahun ke tahun jumlah penumpang di Bandara Internasional. Jumlah penumpang ini telah melebihi kapasitas terminal bandara yang pada tahun 2008 lalu didesain untuk menampung 7 juta penumpang per tahunnya.

Sehingga untuk itu, tahun depan PT Angkasa Pura I (Persero) akan memperluas terminal Bandara Internasional Sultan Hasanuddin yang dapat menampung penumpang sebanyak 15 juta penumpang per tahun.

Tak hanya sekedar melakukan perluasan bandara, perluasan ini juga akan dilengkapi dengan tenant-tenant untuk memenuhi kebutuhan pengguna bandara. Tercatat, saat ini tenant yang ada di kawasan Bandara sebanyak 90 tenant. Dengan diperluasnya bandara tahun 2019 mendatang, maka jumlah tenant juga akan ditambah. Mengingat dengan jumlah yang ada saat ini, dianggap tidak mampu melayani pengunjung bandara. Karenanya, akan ada penambahan sekitar 90 tenant usaha.

“Tahun depan, jumlah tenant akan bertambah, karena saat ini sudah ada 99 tenant yang ada, maka kemungkinan kita akan menambah sekitar 90 tenant lagi,” ujarnya.

Jhon menambahkan, untuk membuka usaha di bandara, tentunya memiliki karakteristik dan aturan yang berbeda dari tempat usaha lainnya dengan prinsip 3S + 1C (Safety, Security, Service dan Compliance) harus selalu diterapkan pada kegiatan yang dilakukan di area bandara termasuk kegiatan mitra usaha. Untuk mempromosikan penambahan tenant ini kata Jhon, pihaknya melakukan tenant gathering, yang diikuti sekitar 83 mitra usaha, dan 27 calon mitra usaha.

Sementara itu,  Vice President Non Aeronautical Business, Ahmad Syaugi Shahab menambahkan,  pengembangan bandara akan segera dilakukan dan ini akan membuka peluang usaha bagi para pengusaha atau calon mitra yang ingin bekerja sama dengan PT Angkasa Pura I (Persero).

Lebih lanjut kata dia, Tenant Gathering ini merupakan yang keempat kali digelar. Setelah sebelumnya berlangsung di Jakarta, Jogjakarta, dan Surabaya.

“Hari ini intinya kita ingin menginformasikan kepada mitra usaha ataupun calon mitra usaha terhadap program apa dalam investasi , karena di Makassar akan dilakukan pengembangan di Bandara Sultan Hasanuddin. Agar mereka lebih siap menginvestasikan dan mencari usaha yang bagus di Makassar,” ungkapnya. (alfi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!