Kades Asal Mamasa Gunakan DD Bimtek ke Bali, Kejati Diminta Lakukan Penyelidikan – UPEKS
SULBAR - SULTRA

Kades Asal Mamasa Gunakan DD Bimtek ke Bali, Kejati Diminta Lakukan Penyelidikan

MAMASA,UPEKS.co.id— Pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kepala Desa dan Pengurus BumDes se-Kabupaten Mamasa Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) di Bali mendapat sorotan.

Bimtek tersebut disoroti karena diduga hanya menghabiskan Dana Desa (DD) karena dinilai tidak tepat sasaran.  Berdasarkan regulasi, Dana Desa hanya diperuntukkan untuk pembangunan insfrastruktur meliputi jalan tani, jalan kampung, drainase, sarana penunjang desa.

Untuk itu, pihak Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulsel diminta untuk turun melakukan penyelidikan.

Pemerhati Hukum dan Pemerintahan, Fauzi, Jumat (14/12) mengatakan, para kepala desa dan pengurus BumDes dibebankan pembayaran sebesar Rp5 juta untuk administrasi, akomodasi hotel, modul, sertifikat, serta lainnya, itupun tidak termasuk tiket pesawat.

Menurutnya, anggaran Rp5 juta per orang dianggap sangat mahal jika hanya peserta mendapatkan fasilitas tersebut. Selain itu, pelaksanaan Bimtek hanya berlangsung 2 hari ditambah study tour 1 hari.

“Kenapa Bimtek tersebut dilaksanakan di Bali. Hal tersebut menguatkan bahwa kegiatan tersebut hanya untuk menghabiskan anggaran, seharusnya Bimtek tersebut hanya dilaksanakan di Mamasa,” tandasnya.

Lanjut Fauzi, Bimtek tersebut dilaksanakan oleh Lembaga Pengembangan Kesatuan Nasional Independen (LPKNI) asal Jakarta kerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPM-Pemdes) Kabupaten Mamasa.

LPKNI merupakan lembaga yang sering melaksanakan Bimtek di Provinsi Sulbar. Sesuai Informasi, baru-baru ini, LPKNI juga melaksanakan Bimtek untuk Sekretaris Dewan (Sekwan) se-Sulbar yang dilaksanakan di Makassar. (ris)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!