Lutim Raih Penghargaan APE Tahun 2018 – UPEKS
CITIZEN REPORTER

Lutim Raih Penghargaan APE Tahun 2018

Lutim, Upeks.co.id–Penghargaan dalam bentuk piala emas dan sertifikat ini diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, Yohana Yembise, kepada Bupati Luwu Timur yang di wakili oleh Kadis Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Luwu Timur, Drs. Sukarti, Rabu (19/12/2018) di Istana Wapres RI, Jl. Medan Merdeka Selatan, Nomor 6, Jakarta Pusat.

Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2018 diberikan kepada sembilan Kementerian/Lembaga, 22 Pemerintah Provinsi dan 159 Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.

Menteri PPPA RI, Yohana Yembise dalam sambutannya mengungkapkan bahwa, ajang tersebut sebagai bentuk apresiasi Pemerintah RI atas peran dan komitmen daerah melaksanakan pembangunan PPPA.

Melalui strategi Pengarusutamaan Gender (PUG), sambung Yohana, seluruh pihak bersama-sama menjadikan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak ini sebagai agenda utama.

“Melalui pemberian penghagaan APE ini, diharapkan semakin memotivasi Kementerian/Lembaga dan Pemda dalam melakukan berbagai inisiatif untuk mewujudkan proses pelaksanaan pembangunan dan menjamin hasil pembangunan yang adil bagi semua. Mari terus berkreasi untuk perempuan dan anak Indonesia,” ujar Yohana.

Lanjutnya, Yohana berharap semua stakeholder dapat bekerjasama, berkolaborasi, dan saling bahu-membahu mengemban mandat negara untuk menjadikan perempuan dan anak Indonesia berada pada garis aman, mandiri, bermartabat, dan berkualitas.

Sementara Kadis Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Luwu Timur, Sukarti, usai menerima penghargaan mengatakan, Alhamdulillah Luwu Timur mendapat APE yang diterima hari ini. APE adalah bentuk pengakuan atas komitmen terhadap pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

“Penghargaan APE diberikan kepada daerah yang peduli terhadap kesetaraan gender. Dimana Kementerian PPPA bekerjasama dengan tim independen telah melaksanakan evaluasi pelaksanaan PUG tahun 2018 di Kabupaten/Kota. Oleh karena itu, berdasarkan hasil evaluasi, telah ditetapkan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur sebagai salah satu penerima penghargaan APE tahun 2018,” ujar Sukarti.

APE, kata Sukarti, dinilai dari tujuh komponen kunci, terdiri dari Komitmen, Kebijakan, Kelembagaan, Sumber Daya Manusia dan Anggaran, Alat Analisis Gender, Data Gender, dan Partisipasi masyarakat.

“Alhamdulillah, Luwu Timur memenuhi tujuh komponen tersebut,” ucapnya. (citizen reporter: Ryan-Diskominfo)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!