Ini Parpol di Makassar yang Berpeluang Menang Pileg 2019 – UPEKS
POLITIK

Ini Parpol di Makassar yang Berpeluang Menang Pileg 2019

MAKASSAR, UPEKS.co.id–Konsultan politik Jaringan Survei Indonesia (JSI). Nursandy. Memprediksi partai politik (parpol) besar. Masih memiliki peluang menjadi pemenang Pileg 2019. Di kota Makassar.

Sandy mengatakan. Belum ada survei dari pihak JSI yang memprediksi pemenang Pileg 2019. Namun, prediksi itu dibuat Sandy dengan berkaca  pada hasil pileg 2014 lalu.

Di samping itu, Sandy juga melihat komposisi dan pergerakan caleg di masing-masing parpol untuk kota Makassar.

“Parpol yang berpeluang menjadi pemenang adalah Golkar, Nasdem, Gerindra dan Demokrat. Sementara untuk level provinsi hasilnya tak jauh beda dari beberapa partai di atas tadi,” ujarnya.

PDIP Makassar pun tidak masuk dalam hitungan Sandy. Meskipun menjadi partai penguasa dan diuntungkan oleh pencapresan Joko Widodo, namun khusus di Makassar, kans PDIP belum sebesar kompetitornya. Berbeda dengan Golkar, Nasdem, Gerindra dan Demokrat, dianggap Sandy memiliki caleg-caleg yang mumpuni.

“Partai-partai di atas memiliki caleg-caleg yang bisa mendongrak perolehan suara secara signifikan, di samping itu memiliki hubungan emosional dengan kepala daerah. PDIP trennya mengalami kenaikan dan sangat diuntungkan dengan pencapresan Jokowi tapi untuk menjadi pemenang di kota Makassar, terlebih sulsel kansnya tidak sebesar partai-partai tadi. masuk 3 besar peluang yang cukup realistis saya kira,” ujar Sandy.

Sementara itu, Sandy melihat partai baru juga punya peluang untuk bisa mendapatkan kursi di DPRD Makassar. Dari empat parpol baru yang bertarung, partai Perindo dan partai Berkarya memiliki peliang yang paling besar.

“Dua partai ini punya caleg yang mumpuni bertarung di sejumlah dapil. Selain itu Perindo punya tren yang positif sebagai partai baru lewat program bantuan UMKM yang digalakkan. Sementara partai Berkarya, banyak dihuni oleh politisi senior dan kenyang pengalaman. misalnya Yusuf Gunco,” tandasnya. (mg3)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!