Parah Antrian Pelayanan di Dukcapil Makassar – UPEKS
CITIZEN REPORTER

Parah Antrian Pelayanan di Dukcapil Makassar

Makassar sebagai kota smart city nampaknya berbanding terbalik dengan sistem pelayanan kependudukan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Makassar.
Antrian yang tak teratur, sistem yang terkadang ngadat, hingga ruangan pelayanan yang tak seimbang dengan jumlah masyarakat yang mengurus menjadi penyebabnya.


“Kenapa sistem begini dipertahankan. Bikin susah. Lama lagi. Dulu tidak seperti ini, ” ujar Arif, warga Kelurahan Kaluku Boddoa yang mengurus akte kelahiran anaknya.


Bukan cuma Arif saja yang mengeluhkan amburadulnya pelayanan Dukcapil Makassar saat ini, Wahyu warga Cendrawasih juga merasakan hal yang sama.


“Kenapa antrian berubah-ubah. Saya diminta beberapa kali ambil kartu antrian. Sementara saat menuju ke loket kami malah diarahkan ke loket lain. Kita dipimpong sana sini. Apa maunya ini, ” katanya.
Suasana pelayanan kependudukan di Dukcapil, Senin (7/1/2019) memang terlihat sangat padat dan tak teratur. Mulai dari pengambilan nomor antrian yang mengekor di depan pintu masuk.
Di samping itu juga terlihat petugas yang kelabakan melayani masyarakat. “Jangan ki di sini kalau mau komplain pak ke Satpol PP ki, ” ujar salah seorang petugas di loket 4. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!