Tahun Ini Enrekang Tak Dapat Adipura, Ini Kata Asman – UPEKS
SULAWESI SELATAN

Tahun Ini Enrekang Tak Dapat Adipura, Ini Kata Asman

ENREKANG, UPEKS.co.id — Dari 13 Kabupaten Kota Peraih Adipura dan satu Kabupaten penerima sertifikat di Sulawesi Selatan tidak ada nama Kabupaten Enrekang.

 

Itu artinya tahun 2019 Kabupaten Enrekang gagal lagi menerima Piala Adipura.

 

Selama dinahkodai H. Muslimin Bando sebagai Bupatinya, sudah tiga tahun Kabupaten Enrekang tidak mendapatkan penghargaan yang terbilang cukup bergengsi dibidang kebersihan yaitu Piala Adipura.

 

Sementara itu Kabupaten tetangga seperti Pare – Pare, Sidrap dan Pinrang justru mampu mempertahankan penghargaan tersebut selama tiga tahun berturut – turut.

 

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Enrekang Mursalim Bagenda membenarkan hal tersebut. Ia sendiri merasa kecewa tahun ini Enrekang gagal lagi meraih Piala Adipura.

 

“Ya betul tahun ini kita tidak dapat Adipura. Entah seperti apa verifakasi penilaiannya, karena Tim P2 dari Provinsi sudah memberikan nilai yang bagus untuk Enrekang mulai dari tempat sampah, fasilitas umum seperri sekolah, kantor, kebersihan pasar. Bahkan Enrekang menfapatkan nilai tertinggi dari 4 Daerah yang dinyatakan peraih Adipura. Tapi setelah Tim Verifikasi dari Pusat turun ternyata Enrekang tidak termasuk dalam daftar penerima Adipura”. Kata Mursalim.

 

Ditempat berbeda Wakil Bupatu Enrekang Asman, SE mrngatakan, jika Enrekang tqhun ini gagal memperoleh Piala Adipura itu adalah hal yang wajar,  menurutnya salah satu faktornya adalah penataan akota Enrekqng sebagai indikator utama dalam penilaian masih belum tertata dengan baik,  begitupun dengan kebersihan kotanya.

 

“Ini juga sebagai peringatan buat kita, otang – orang yang lewat di Enrekang belum bisa membedakan mana Ibukota Kabupaten dan mana Ibukota Kecamatan. Belum ada spesifikasi yang bisa jadi pembeda, ini karena penataan kota Enrrkang belum maksimal. Masih banyak di Enrekang yang belum menampakkan ciri khasnya Kota Enrekang”. Pungkas Asman.

 

Untuk itu kedepan Prmkab Enrekang akan terus menata fasilitas – fasilitas yang ada sepertj Lapangan sepak bola Abubakar Lambogo, Batili akan disulap mrmjadi alun – alun yqng akan jadi Ikon Kota Enrekang. Bisa jadi tempat berkumpul atau hanya sekedar mampir untuk beristirahat.

” Saya sudah paparkan rencana ini kepada Bapak Bupati, bahwa akan ada rencana merubah lapangan sepak bola Batili menjadi alun – alun temoat masyarakat berkumoul, baik itu yang melakukan aktivitas olah raga atau hanya sekedar bersantai. Jika ditata dengan fasilitas yang lengkap pasti masyarakat tertaruk untuk berkunjung ketempat ini”. Katanya.

 

Rencananya proses perencanaan proyek tersebut akan dilakukan tahun ini.

“Mudah – mudahan tahun 2020 kita sudah bisa masukkan dalam perencanaan anggaran”. Tutupnya. (Sry).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!