95 Kasek di Gowa tak Pernah Ikut Tes Cakep – UPEKS
EDUKASI BUDAYA

95 Kasek di Gowa tak Pernah Ikut Tes Cakep

GOWA, UPEKS.co.id– Beberapa Kepala sekolah (Kasek) di Kabupaten Gowa yang berjumlah 95 orang dinilai tak layak menjabat. Sejumlah kasek tersebut dinilau telah menabrak Permendiknas No 28 tahun 2010. Mereka menjabat tanpa melalui tes Calon Kepala Sekolah (Cakep) yang merupakan salah satu dipersyaratannya.

Ke-95 Kasek yang dimaksud, masing-masing 92 kasek di tingkat SD dari total 412 orang dan 3 di tingkat SMP dari total 107 kasek yang ada di jenjang pendidikan menengah itu.

“Olehnya itu ini yang sedang kita benahi. Apalagi pasca penetapan Perda tentang Gowa Kabupaten Pendidikan sebagai payung tata kelola sistem pendidikan di daerah ini,”ungkap Kadis Pendidikan Gowa Salam, Minggu (13/1/2018).

Salam mengatakan, di 2019 ini, semua kasek yang belum mengantongi sertipikat tes cakep, wajib mengikuti mengikuti diklat untuk kasek yang diselenggarakan Lembanga Pengembangan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS).

Pertimbangannya, pemenuhan syarat kasek ini kata Kadis, juga menjadi salah satu syarat pemenuhan sekolah akan memenuhi standar akreditasi. Tahun ini, pihaknya menargetkan semua sekolah sudah harus terakreditasi.

Untuk itu, dia memberi deadline bagi yang tidak melalui tes cakep atau diklat kasek, harus rela meletakkan jabatannya sebagai kasek. “Ini sudah menjadi konsekuensi pasca penetapan Perda Gowa Kabupaten Pendidikan. Akreditasi itu penciri dan cerminan. Bagi yang tidak mau, silahkan mundur, ujarnya.

Menurut Salam, di Gowa beberapa sekolah yang mengantongi akreditasi bahkan hingga akreditasi B. Tahun ini semua sekolah terus digenjot meningkatkan standar mutu dan kualitas agar mampu mendapatkan pengakuan akreditasi tersebut.

Menanggapi hal itu, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Gowa Asriady Arasy mengaku sudah sering menyampaikan ke SKPD terkait untuk membenahi hal tersebut. Sebab memang berdasarkan Permendiknas, untuk menjadi kepala sekolah harus pernah ikut Cakep.

“Itu aturan sehingga selalu saya sampaikan ke Kadis Diknas untuk membenahi yang sudah ada dengan mengikuti pelatihan kasek yang dilaksanakan lembaga yang memenuhi syarat,” ucapnya. (Sofyan).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!