Asita Minta INACA Jangan “Setengah-setengah” – UPEKS
ANEKA

Asita Minta INACA Jangan “Setengah-setengah”

MAKASSAR, UPEKS.co.id–Kalangan pengusaha travel mendesak penurunan harga tiket pesawat oleh INACA  direalisasikan sepenuhnya, baik maskapai maupun seluruh rute domestik. Ini demi mendukung pergerakan  wisatawan yang mengandalkan moda transportasi udara.

Maskapai yang tergabung dalam Indonesia National Air Carrier Association (INACA) sejak 11 Januari 2019.

Maskapai berjanji akan menurunkan tarif pesawat dalam rentang 20 persen hingga 60 persen secara bertahap di  beberapa rute domestik.

Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Indonesia (Asita) Sulsel Didi L Manaba, menegaskan, sikap INACA ini  adalah respon atas desakan asosiasi travel yang mengakomodir keresahan masyarakat atas mahalnya harga tiket  pesawat.

“Hanya kami, desakannya langsung ke Menteri perhubungan. Ini buah keresahan dari bawah masyrakat dan  pemerintah melihatnya desakan publik,” kata Didi kepada Upeks, Senin (14/01/19).

Asita pun mengapresiasi langkah INACA, hanya saja Asita tetap mendesak INACA agar penurunan ini  direalisasikan secara menyeluruh untuk semua maskapai dan untuk seluruh rute domestik.

Alasannya, sampai saat ini pemberlakuan rute masih dipilah dan beberapa maskapai juga belum mengalami  penurunan.

“Tiket Garuda saya saja untuk keberangkatan besok masih Rp2 juta. Ini kan mahal sekali. Sikap INACA diharapkan  responnya tidak setengah-setengah. Jangan prescon turun tapi hanya beberapa segmen. Kami mau kembali  seperti di semester awal tahun lalu. Sekarang masih ada yang tinggi ada yang rendah. Kami mau semua kembali  normal. Jangan ada tebang pilih rute atau bertahap begitu,” tegas Didi.

Jika tidak terespon baik, kata Didi, bukan hanya wisatawan domestik yang terdampak, namun target wisatawan  mancanegara sebesar 20 juta tahun ini akan sulit terealisasi.

“Wisatawan mancanegara juga susah berwisata multi destinasi karena mereka bergerak harus dengan pesawat.  Setengah mati kalau lewat laut,” tuturnya.

Sebagai informasi, tarif tiket penerbangan yang turun itu di beberapa rute penerbangan di antaranya Jakarta-  Denpasar, Jakarta-Yogyakarta, Jakarta-Surabaya, Bandung-Denpasar, dan akan dilanjutkan dengan rute penerbangan domestik lainnya.

Ketua Umum INACA, Ari Askhara Danadiputra mengatakan, turunnya tarif penerbangan itu menyusul keprihatinan  masyarakat atas tingginya harga tiket. Selain itu, adanya komitmen positif atas penurunan biaya kebandaraan dan  navigasi dari para pemangku kepentingan seperti PT Angkasa Pura I, PT Angkasa Pura II, AirNav, dan Pertamina.

“Maskapai berjanji akan menurunkan tarif pesawat dalam rentang 20 persen hingga 60 persen. Keputusan ini  berlaku untuk 34 maskapai yang tergabung dalam INACA. Beberapa di antaranya Garuda Indonesia, Citilink, Lion  Air, Sriwijaya Air, dan Indonesia AirAsia,” ujarnya. (hry).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!