Bendungan Bili-bili Status Waspada, Bupati Minta Warga Mengungsi – UPEKS
ANEKA

Bendungan Bili-bili Status Waspada, Bupati Minta Warga Mengungsi

UPEKS.FAJAR.co.id– Curah hujan yang cukup tinggi sejak Senin malam (21/1) membuat elevasi bendungan Bili-bili saat ini naik menjadi 101,36.

Kondisi ini membuat Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan Jeneberang menetapkan bendungan Bili-bili dalam status waspada.

“Kondisi sekarang naik 101,36. Jadi mohon dipubilkasikan, saya sudah lapor ke Pak Gubernur, Pak Wagub dan Pak Bupati (Gowa). Jadi kondisi itu sudah kita
ambil langkah waspada,” kata Teuku Iskandar, Kepala BBWS Pompengan Jeneberang, Selasa sore (22/1/2019).

Karena itu, lanjut dia, diimbau masyarakat yang berada di bawah hilir untuk mengambil langkah-langkah untuk menghindari. “Siap siap menghindar dari lokasi yang berdampak di bawah hilir seperti bendungan Bili-bili, Kampili, Jeneberang dan sekitarnya. Ini sudah masuk status waspada,” ungkapnya.

“Sejak jam 7 pagi tadi, pintu telah kami buka penuh, dan sudah terealisasi early warning sistem. Sudah diumumkan jam 7 pagi tadi, itu jangkauan bisa sampai 4 kilometer mic yang ada disana,” pungkasnya.

Sementara Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan lewat akun instagram pribadinya, mengimbau masyarakat untuk sementara mengungsi dari aliran hilir bendungan Bili-bili.

Akibat curah hujan yang tinggi, membuat bendungan Bili-bili ditetapkan menjadi waspada, karena ketinggian air sudah mencapai 101,36.

“Masyarakat Gowa dan sekitarnya yang saya cintai. Saya ingin infokan bahwa kondisi bendungan bili-bili saat ini di tetapkan menjadi waspada karena ketinggian air sudah 101,36 m. Sehingga saat ini dilakukan pembukaan pintu air, yang tentu akan berdampak banjir yang cukup tinggi,” tulis Adnan dalam caption video yang diunggah, Selasa (22/1).

“Olehnya itu, saya mengimbau agar masyarakat mengungsi dulu dari aliran hilir bendungan bili-bili, sambil kita sama-sama berdoa kepada Allah SWT, agar curah hujan normal kembali dan kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT. Amiinnnn!” sambung Adnan. (eky)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!