EDUKASI BUDAYA

Prof. Anshari Didapuk Jadi Ketua HPBI Sulsel

Makassar, Upeks.co.id–Tim penggagas pengaktifan Himpunan Pembina Bahasa Indonesia (HPBI) Provinsi Sulawesi Selatan sepakat dan aklamasi menunjuk Prof.Dr.Anshari,M.Hum. sebagai nakhoda organisasi yang menjaga marwah penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa persatuan.

HPBI Sulsel pernah dipimpin Prof.Dr.Kamaruddin,MA. (UNM) dan Prof.Dr.Muhammad Darwis,MS. (Unhas), namun beberapa tahun mengalami kevakuman. Atas inisiatif Dr.Andi Syukri Syamsuri, M.Hum. dibentuk tim penggagas.

Tim penggagas, yaitu Prof.Dr.Anshari,M.Hum.,Dr.Andi Syukri Syamsuri,M.Hum.,Dr.Ery Iswary,M.Hum.,Dr.Sultan,M.Pd.,Dr.Hasriani,M.Pd.,Dr.Asis Nojeng,M.Pd., danDr. Abdul Rahman Rahim, M. Hum., dan Fachruddin Palapa,S.Pd.,M.Pd.

Wakil Rektor 2 Unismuh itu menjelaskan, digagasnya untuk menggerakkan roda organisasi agar bahasa Indonesia dapat dijaga dan dikembangkan sebagai bahasa nasional. Bahasa Indonesia harus menjadi tuan rumah di negaranya sendiri.

Prof.Anshari adalah guru besar di bidang Pendidikan Bahasa Indonesia yang sekarang menjabat sebagai Asisten Direktur Bidang Publikasi dan Kerja Sama PPs UNM serta dikenal pula sebagai penulis opini di berbagai koran di Makassar.

Di bawah kepemimpinan Anshari, HPBI diharapkan berkontribusi di berbagai bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat terutama dalam memasyarakatkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Menurut Prof. Anshari, penggunaan bahasa Indonesia semakin memprihatinkan. Selain karena sikap penutur yang rendah, juga serbuan bahasa Inggris terus meningkat. Apalagi ada kesan memakai bahasa Inggris dianggap prestisius.

Rencana pelantikan pengurus HPBI Sulsel pada Sabtu, 2 Maret 2019 di Aula PPs UNM yang dirangkaikan dengan seminar nasional. Sosialisasi organisasi dikemas secara akademik sehingga kegiatannya memberi dampak bagi dunia pendidikan.(yoko)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!