SMPLB Moseha Keluhkan Proses Birokrasi – UPEKS
SULBAR - SULTRA

SMPLB Moseha Keluhkan Proses Birokrasi

foto guru bersama SMPLB Moseha Wundulako.

KOLAKA, UPEKS.co.id—Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa(SMPLB) Moseha Wundulako keluhkan masalah birokrasi dan minimnya guru mau mengajar. SMPLB ini merupakan sekolah yang berstatus Yayasan berdiri sejak tahun 2006 lalu.
Hal itu diungkapkan oleh Kepala Sekolah SMPLB Moseha Hovi Sultrawidyaningsih ditemui media ini di ruang kerjanya lalu.
Hovi menjelaskan sejak sekolah dialihkan ke Pemprov Sultra sejak 2017 lalu proses birokrasi semakin panjang, karena bayangkan saja kata Hovi ketika surat-surat yang harus ditandatangani oleh pihak Diknas Sultra, maka harus menempuh perjalan sampai 4 jam baru bisa tiba di Kendari.
“Jadi itu salah satu lagi permasalahan yang kami hadapi, selain minimnya guru, termasuk masalah anggaran juga begitu minim khususnya dana BOS,”keluh Hovi.
Hovi menjelaskan dari 19 orang siswa terdiri dari, Tuna Grahita sedang 6 siswa, Tuna Rungu 5 siswa, Tuna Grahita ringan 3 siswa, Tuna Laras 2 siswa, Tuna Daksa sedang 1 siswa, Tuna Daksa ringan 1 siswa, dan Tuna Autis 1 siswa, terdiri dari 11 pria dan 8 wanita.
Sementara guru yang mengajar hanya 12 orang, sementara menurut Hovi idelnya dalam proses belajar mengajar di sekolah ini minimal dua siswa/siswi untuk satu guru yang mengajar.
“Jadi idealnya guru yang mengajar itu satu guru menghadapi dua siswa,”kata Kepsek Hovi.
Terkait masalah anggaran dana BOS tahun 2018 hanya menerima Rp 24 juta pertriwulan atau Rp 120 juta/pertahun untuk biaya operasional sekolah, transportasi dan gaji guru-guru.
“Anggaran ini tidak memadai untuk kelangsungan operasional proses belajar mengajar, tetapi itu bagaimana bisa kami cukup-cukupkan,”ujar Hovi.
Ditanya terkait apakah sudah pernah diberikan bantuan pendidikan dari CSR perusahaan Antam Sultra. Menurut Hovi bahwa sejauh ini, kami belum pernah didatangi oleh pihak Antam, apalagi menerima bantuan.
“Kami belum pernah menerima bantuan CSR pendidikan dari perusahaan Antam Sultra,”kata Hovi.(pil)
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!