Pemda Kolaka Anggarkan Beasiswa Pendidikan Rp25 M – UPEKS
EDUKASI BUDAYA

Pemda Kolaka Anggarkan Beasiswa Pendidikan Rp25 M

Ahmad Syafei (Foto:Pil)

KOLAKA, UPEKS—Pemda Kolaka menyiapkan anggaran sebesar Rp 25 miliar untuk peningkatan kualitas pendidikan Sumber Daya Manusia(SDM), kata
Bupati Kolaka H Ahmad Safei saat menjelaskan semua item program pembangunan yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah  (RPJMD) Kab Kolaka tahun 2019 hingga 2024 mendatang.

Dikatakannya, berdasarkan data Badan Pusat Statistik(BPS), Kab Kolaka telah mengalami peningkatan penduduk sebesar 40% dari usia muda hingga usia
produktif. Untuk menjawab tantangan ini bagaimana mempersiapkan usia produktif ini ke depan.

“Kita sudah sepakat sebelum RPJMD dirancang mengalokasikan anggaran pendidikan untuk menopang peningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)  pemuda- pemuda Kolaka sebesar Rp 25 miliar, itu diluar dari pada pembangunan infrastruktur,”kata Safei.

Anak-anak yang berprestasi dibidangnya masing-masing akan disekolahkan dan diberikan beasiswa pendidikan. Sementara anak-anak yang tidak berprestasi akan  digodok di Balai Latihan Tenaga Kerja(BLK).

“Anak-anak yang tidak berprestasi kita masukkan di BLK untuk digodok mempertajam masalah kualitas SDMnya sesuai dengan kemampuan skilnya masing-  masing,”kata Safei.

Bupati berharap agar bangunannya BLK itu harus diperbaiki, sarananya pelatihannya juga harus diperbaiki serta instrukturnya juga harus berkualitas. Bila  memungkinkan mendatangkan instruktur dari luar.

“Ini untuk menjawab tantangan kedepan bagaimana mempersiapkan masalah kualitas SDM dengan memperkuat pelatihan-pelatihan masalah ketenagakerjaan  sehingga bisa bersaing dengan tenaga kerja dari luar,” harap Bupati.

Begitupun halnya terkait masalah Usaha Kecil Menengah(UKM), Pemda juga menganggarkan sebesar Rp 3 miliar pertahun untuk mengembangkan koperasi dan  warung-warung kecil.

“Kita berupaya menghidupkan para UKM dan warung-warung kecil untuk menopang pertumbuhan ekonomi, sekaligus menjawab Rp 5 juta setiap kios,”ujar  Safei.(pil)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!