ANEKA

Pemkab Lutim Usulkan Pembebasan 84.000 Hektar

MAKASSAR,UPEKS.co.id—Mengawali sambutannya, Bupati Luwu Timur HM. Thorig Husler, mewakili jajaran Pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat  Luwu Timur mengucapkan selamat datang kepada Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. Dadang  Suhendi, SH. MH., di Bumi Batara Guru dimana epos I Lagaligo yang melegenda itu berasal.

Lanjutnya, jejak kaki seorang pimpinan atau pejabat tinggi Kakanwil BPN Provinsi Sulawesi Selatan di Kabupaten Luwu Timur ini Insya Allah akan  membuahkan Rahmat dan Hidayah buat kita semua, untuk memperjelas kepemilikan lahan dan menyelesaikan persoalan tanah di Kabupaten Luwu Timur ini.

Sebagai perwujudan Program Nawacita Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia serta pencapaian visi dan misi Luwu Timur Terkemuka 2021,  Pemerintah Kabupaten Luwu Timur saat ini mengajukan kurang lebih 84.000 hektar pembebasaan kawasan hutan.

Tujuannya, agar dapat dijadikan kawasan produksi dan permukiman bagi masyarakat Luwu Timur. Hal tersebut diungkapkan Bupati Luwu Timur saat  membawakan sambutannya pada penyerahan sertifikat Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Lapangan Kecamatan Tomoni, Selasa  (19/02/2019).

“Kami telah mengusulkan Pelepasan Kawasan hutan yang tersebar dari Desa Lauwo hingga Masiku dengan luasan kurang lebih 84.000 hektar, agar masyarakat  yang berada di wilayah hutan tersebut mendapatkan kejelasan atas kepemilikan lahannya. Usulan tersebut saat ini sudah berproses, mudah-mudahan dalam waktu  dekat dapat disetujui Pemerintah Pusat,” ungkap Husler.

Pemerintah Kabupaten Luwu Timur terus berkoordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan agar pengusulan pembebasan kawasan tersebut  dapat segera terealisasi dan dilegalkan.

“Sekali lagi saya sampaikan bahwa usulan pembebasan kawasan ini bertujuan untuk memperjelas hak milik masyarakat dan untuk meningkatkan perekonomian  masyarakat di wilayah tersebut,” tandas Husler.

Sebagai perbandingan, berdasarkan data BPS tahun 2018, luas wilayah Kabupaten Luwu Timur seluas 6.944,88 Kilometer persegi dengan luasan hutan  mencapai 392.522 hektar.

Sebagian besar lahan di Lutim merupakan lahan bukan sawah mencapai 667.751 hektar atau 96,15 persen dan lahan sawah dengan luas 26.737 hektar atau 3,85  persen. Lahan bukan sawah yang ada di Lutim lebih didominasi hutan dengan luas mencapai 56,52 persen dari total luas lahan di Kutim. Sedangkan kawasan  terluas berikutnya adalah digunakan untuk pemukiman dengan luas mencapai 206.480 hektar atau 29,73 persen. (citizen report/ikp/kominfo).

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!