CITIZEN REPORTER

Pemkab Lutim Gelar Diklat Anjab

Lutim, Upeks.co.id–Berdasar pada nota kesepahaman antara Pemerintah Kab. Luwu Timur dengan LAN RI tentang Penguatan Kapasitas Pemerintah Kab. Luwu Timur melalui Penyelenggaraan Kegiatan Kajian Kebijakan, Pendidikan dan Pelatihan, Inovasi Administrasi Negara serta Pendidikan Tinggi. Maka Pemkab Luwu Timur melalui Badan Kepegawaian Pendidikan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) menggelar Diklat Analisis Jabatan (Anjab) bekerja sama dengan Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan LAN Makassar, bertempat di D’Maleo Hotel Makassar, Senin (11/03/2019) yang
dihadiri, Perwakilan PUSLATBANG KMP LAN Makassar, DR. Sulaeman Fattah, M. Si.

Kepala BKPSDM Luwu Timur, Kamal Rasyid, mewakili Bupati Luwu Timur dalam sambutannya mengatakan, dalam membangun PNS yang profesional dan produktif untuk menjamin objektifitas, transparansi dan kesesuaian antara tuntutan tugas dalam jabatan dengan pegawai yang akan menduduki jabatan tersebut, maka setiap Pemerintah Daerah diwajibkan melakukan analisis jabatan untuk memperoleh informasi jabatan yang kemudian disajikan untuk kepentingan program kepegawaian.

“Perubahan sistem manajemen sumber daya aparatur merupakan salah satu misi reformasi birokrasi yang diharapkan akan mampu menciptakan aparatur yang profesional dan berintegritas, yang salah satu langkah dalam mewujudkan harapan tersebut dengan penyusunan analisi jabatan,” jelas Kamal.

Lanjut Kepala BKPSDM mengatakan, melalui kegiatan Diklat ini, penataan kelembagaan, kepegawaian, ketatalaksanaan dan pengawasan yang berbasis kompetensi dan kinerja dapat dirumuskan informasi jabatan yang akurat dan sesuai dengan kebutuhan organisasi.

“Saya harap kepada para peserta agar bersungguh-sungguh mengikuti setiap materi yang disampaikan narasumber sehingga dapat memahami tugas pokok dan fungsi suatu jabatan serta uraian yang melekat pada setiap jabatan serta ada peningkatan kualitas serta kompetensi mereka seusai mengikuti diklat diklat yang mampu menyusun analisis jabatan dimasing masing OPD,” tutup Kamal saat membacakan sambutan Bupat Luwu Timur.

Sementara, Kabid Perencanaan, Evaluasi dan Pengembangan Kepegawaian, Eksa Putra K dalam laporannya mengatakan, tujuan diselenggarakan Diklat ini yaitu peserta diharapkan mampu bekerja dan menerapkan hasil yang didapatkan untuk mencapai sasaran organisasi dalam penyelenggaraan administrasi Pemerintah yang berorientasi pada hasil untuk penguatan organisasi.

Kegiatan Diklat ini, lanjut Eksa, dilaksanakan selama 5 (Lima) Hari mulai tanggal 11 s/d 15 Maret 2019. Diikuti Sebanyak 70 orang terdiri Kasubag yang menangani kepegawaian masing-masing OPD/Kecamatan dan Kelurahan serta Tata Usaha/Kepegawaian di Puskesmas Lingkup Pemerintah Kab. Luwu Timur.

“Sedangkan tenaga Pengajar/Narasumber selama pelaksanaan Diklat dari BKN Regional IV Makassar dan dari Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan LAN Makassar,” tutup Eksa. (citizen reporter: Ryan-kominfo)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!