29 Penyidik Tipiter di Laut Wilayah Lantamal VI Disumpah – UPEKS
ANEKA

29 Penyidik Tipiter di Laut Wilayah Lantamal VI Disumpah


MAKASSAR,UPEKS.co.id—Wakil Komandan (Wadan) Lantamal VI Kolonel Laut (P) Hanarko Djodi Pamungkas memimpin pengambilan sumpah 29 perwira  yang telah mengikuti Latihan Keamanan Laut (Latkamla) dan Perwira penyidik Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) di laut wilayah Lantamal VI tahun 2019 di Gedung Panti Perwira (PP) Jaladri Mako Lantamal VI, Kamis (14/03/2019).

Hadir Asops Danlantamal VI, Kadiskum dan Kadisminpers Lantamal VI, serta perwakilan para undangan dari unsur POLRI, Polisi Kehutanan (POLHUT),  Kejaksaan Negeri Makassar serta Balai Pengamanan dan Penegakkan Hukum Wilayah Sulawesi.

Danlantamal VI dalam sambutannya dibacakan Wadan Lantamal VI berterima kasih dan ucapan selamat kepada seluruh peserta atas semangat yang telah  ditunjukkan selama mengikuti pelatihan.

Penyumpahan terhadap 29 Perwira Penyidik TNI AL yang berada di wilayah kerja Lantamal VI Makassar merupakan rangkaian akhir dari Latkamla dan  Penyumpahan Perwira Penyidik selama dua hari sejak Rabu 13 Maret 2019 di gedung Werving Lantamal VI.

Penyumpahan sebagai Penyidik Tipiter di Laut bermakna, para perwira mampu memenuhi tuntutan ketentuan perudang-undangan sekaligus juga dapat  menghasilkan produk pemberkasan perkara secara akuntabel dan teruji secara yuridis dalam rangka melaksanakan tugas penegakan hukum di laut.

Menurut Kepala Dinas Hukum (Kadiskum) Lantamal VI Letkol Laut (KH) Dedi Endang Susilo, S.H., M.Pd., menyampaikan, secara hukum setelah  mengucapkan sumpah, berarti para perwira yang bersangkutan diberikan kewenangan dan tanggung jawab melakukan tugas sebagai Penyidik Tindak Pidana di  Laut sesuai Skep/907/XII/1987 Tahun 1987 dan UU RI Nomor 8 Tahun 1981 tentang KUHAP yang mengatur tentang Perwira TNI Angkatan Laut selaku  Pejabat Penyidik Perkara Tindak Pidana Tertentu di Laut. (pen lantamal VI).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!