BPOM Tidak Menjamin Keamanan Mutu Kosmetik Ilegal – UPEKS
MAKASSAR CITY

BPOM Tidak Menjamin Keamanan Mutu Kosmetik Ilegal

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Pasca tertangkapnya ribuan kosmetik ilegal oleh Satuan Narkoba Kepolisian Resort Kota Besar (Polrestabes) Makassar, di Jl Toa Daeng Tiga, Selasa (12/3/19) lalu, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Makassar angkat bicara.

Kepala Penindakan BPOM Makassar, Isriani Rasyid mengatakan, terkait penyitaan komestik tersebut, pihaknya memastikan produk itu tidak memiliki izin edar. Sehingga berbahaya untuk digunakan.

“Jadi produk yang tidak memiliki izin edar itu, BPOM tidak akan menjamin keamanan, manfaat dan mutunya. Kalau ada yang menggunakannya dan berdampak negatif diluar tanggungjawab BPOM, ” kata Isriani, kemarin.

Menurutnya, jika ada kosmetik ataupun makanan yang tidak memilik izin BPOM itu sudah jelas dibuat juga secara abal-abal. Otomatis tidak mememuhi syarat dari segi keamanan, manfaat dan mutunya.

“Tanpa izin edar Badan POM tidak menjamin keamanannya. Baik itu kosmetik ataupun makanan, ” ucapnya saat ditemui di Mapolrestabes Makassar.

Isriani menjelaskan, kosmetik itu bukan masalah palsunya, hanya saja tidak memiliki izin edar. Dampak buruknya bagi kesehatan kalau misalnya komestik ilegal, itu banyak mengandung hidrokinon dan air raksa.

“Itu yang biasa didapatkan dalam kosmetik ilegal. Padahal bahan tersebut tidak boleh ada dalam kosmetik. Semua itu merusak kulit dan bisa menyebabkan kanker, ” jelasnya.(Jay)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!