Info Haji

Tak Miliki KIS dan BPJS, RS Haji Sulsel Tetap Layani Warga

MAKASSAR, Upeks.co.id — Fadilla Salim sedang menderita sakit dan harus mendapatkan tindakan pelayanan kesehatan. Atas penyakitnya tersebut putri Fatmawati ini dibawa ke Rumah Sakit (RS) Haji Sulsel Jalan Daeng Ngeppe Makassar, sekita pukul 15.00 wita siang tadi, Kamis 28 Februari 2019.

Fadilla Salim merupakan warga Jalan Andi Tonro 2 nomor 6 Keluarahan Pabaeng-baeng Kecamatan Tamalate Kota Makassar.

Fadilla mengalami penyakit gangguan pada lambung. Saat ini, pelajar ini sedang mendapatkan pelayanan di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Haji Sulsel.

“Apa yang kami lakukan sesuai dengan ini sesuai instruksi Bapak Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah, bahwa tidak boleh ada warga Sulsel yang tidak tersentuh pelayanan kesehatan yang paripurna,” ungkap Direktur RS Haji Sulsel, drg. Haris Nawawi, Jumat (1/3/2019).

Menurutnya, memberikan pelayanan kesehatan kepada warga tertuang jelas dalam Undang-undang Dasar (UUD) 1945 menyatakan fakir miskin dan anak terlantar adalah tanggung jawab penyelenggara negara.

Artinya, kata drg. Haris, tidak boleh ada tawar menawar terkait dengan pelayanan publik apalagi bidang kesehatan.

“Artinya, pelayanan kesehatan di RS Haji Sulsel tidak terkendala dengan persyaratan BPJS dan KIS. Apalagi KIS belum semua warga miskin memiliki KIS,” katanya. (ris)

To Top