ANEKA

Kejati Usut Proyek Toilet Mewah di Toraja


MAKASSAR, UPEKS.co.id — Proyek toilet mewah di objek wisata Buntu Burake, di Kabupaten Tana Toraja senilai  Rp 1,4 miliar, resmi dilaporkan di Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulsel, Senin (21/5/19).

Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Sulsel, Salahuddin dikonfirmasi membenarkan adanya  laporan tersebut.

Menurutnya, laporan itu diterima dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pembela Rakyat  (PERAK) Sulsel.

“Iya ada laporannya itu masuk. Tapi tentu setiap laporan yang diterima akan dipelajari terlebih dahulu.  Perkembangannya nanti saya sampaikan, ” kata Salahuddin, Senin (21/5/19)

Terpisah, Ketua LSM PERAK Sulsel, Adiarsa dikonfirmasi membenarkan telah melaporkan dugaan permasalahan
proyek tersebut. Diakuinya, proyek pembangunan toilet mewah di Objek Wisata Buntu Burake tahun 2017  bersumber dari APBD Tana Toraja melalui Dinas Pariwisata senilai Rp1,4 miliar.

“Proyek itu diduga ada masalah dan menimbulkan kerugian negara. Proyek itu dikerjakan oleh CV Bangsa Damai. Saya sudah laporkan ke Kejati Sulsel soal kasus itu. Saat ini kami serahkan penanganannya ke penegak hukum, ”  bebernya.

Menurut Adiarsa, pihaknya melaporkan proyek itu lantaran diduga pengerjaan toilet itu diduga sudah tidak sesuai  bestek dan menyalahi aturan. Seperti misalnya material bangunannya banyak yang rusak parah bahkan hancur.

“Termasuk tegelnya terangkat dan pecah-pecah bahkan exhaustfan pada plafon sudah tidak berfungsi pada 1 unit toilet yang digunakan,” ucapnya.

Lanjut Adiarsa menceritakan, toilet itu merupakan fasilitas umum. Harusnya masyarakat Tator sudah bisa merasakan manfaatnya, apalagi pengunjung wisatawan, anggarannya juga sangat besar Rp 1,4 M.

Adiarsa menambahkan, pada pengerjaan toilet sejak tahun 2017 memang dari 3 target toilet hanya 1 yang difungsikan. Sampai saat ini warga Tator bertanya-tanya akan proyek tersebut. Karena toilet memang jadi salah satu sarana dan prasarana untuk tempat wisata. Perannya penting untuk memberikan kenyamanan buat
pengunjung. (penulis: Jay).

To Top