ANEKA

Tahun 2019, Tercatat 150 Nelayan Lutra Diasuransikan

LUTRA, Upeks.co.id- Dinas Perikanan Luwu Utara berusaha mensejahterakan Nelayan di pesisir dengan
mendaftarkan masuk program Bantuan Premi Asuransi Nelayan(BPAN).

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perikanan Luwu Utara(Lutra) Muharwan, pada media ini, Rabu(22/5/2019),  tahun 2019 ini Nelayan di Lutra ada 150 mendapat asuransi dalam Program Bantuan Premi Asuransi
Nelayan(BPAN).

“Tahun 2018 lalu Nelayan sudah dapat asuransi program BPAN 190 nelayan, jadi jumlahnya sampai sekarang  sudah 340 nelayan dapat asuransi,” jelas Muharwan.

Kadis Perikanan mengatakan, peningkatan SDM nelayan bukan semata-mata tentang bagaimana cara memperoleh hasil tangkapan yang banyak dan baik. Salah satu caranya adalah dengan upaya perlindungan dan  pemberdayaan nelayan itu sendiri.

“Resiko seorang nelayan dalam melaksanakan aktivitas di laut tentu sangat besar, apa yang kita lakukan ini  sebagai wujud komitmen pemerintah yang mau ikut hadir dan bertanggungjawab terkhusus kepada warga  masyarakat yang bermatapencaharian sebagai nelayan,” tambahnya.

Untuk penerima program tersebut, nelayan yang sudah memenuhi syarat dalam ketentuan seperti, sudah memiliki  kartu nelayan, usia maksimal 65 tahun, nelayan menggunakan kapal berukuran maksimal 10 gross ton, serta tidak  pernah mendapatkan bantuan asuransi dari pemerintah.

” Manfaatnya nelayan masuk asuransi BPAN ini adalah dia akan menerima santunan kecelakaan akibat  sementara aktivitas penangkapan ikan sebesar Rp.200 juta(meninggal) dan cacat tetap Rp.100 juta serya biaya  pengobatan Rp.20 juta,” sambung Muharwan, seraya menambahkan bukan hanya melakukan aktivitas
penangkapan ikan, nilai manfaat asuransi juga kecelakaan diluar.

Muharwan melanjutkan bahwa, program jaminan perlindungan atas resiko nelayan, pembudidaya ikan dan  petambak garam ini diperkuat melalui payung hukum Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 18 Tahun  2016.(yustus)

To Top