SULAWESI SELATAN

Pemkab Enrekang Anggarkan Rp2 M Untuk Gaji Imam Masjid

ENREKANG, UPEKS.co.id — Kabar gembira bagi para Imam Masjid yang ada di Kabupaten Enrekang. Pasalnya tahun 2019 Bupati Drs. H. Muslimin Bando, M. Pd akan memberikan insentif terhadap Imam Masjid sebesar Rp 2 juta perbulan untuk satu orang Imam Masjid.

Hal ini disampaikan Bupati Muslimin Bando pada acara Sosialisasi Tenaga Ahli Keagamaan Didesa dan Launcing Desa Berzakat yang berlangsung di Pendopo Rujab Bupati, Selasa (18/6/2019).

Untuk tahap awal, sebanyak 100 Imam Masjid yang tersebar di 100 Masjid yang ada diseluruh pelosok Kabupaten Enrekang akan mendapatkan gaji tetap setiap bulannya dan Pemerintah daerah telah menyiapkan anggaran sebesar 2 Miliar diambil dari dana APBD.

” Kesadaran masyarakat untuk membangun Masjid sudah sangat tinggi, cuman kesadaran kita memberi gaji Imam Masjid masih sangat kurang. Padahal mereka sudah bekerja keras memnuang waktu bersama keluarganya untuk mengurus Agama, mengurus Masjid. Tidak adil dan sangat tidak manusiawi jika kita hanya memberikan insentif 200 sampai 300 ribu perbulan”. Kata Bupati.

Untuk itu Bupati memerintahkan kepada Kabag Hukim agar segera membuatkan payung hukum demi upaya peningkatan kesejahteraan para Imam Masjid yang ada di Enrekang. Namun Bupati menegaskan Imam Masjid yang akan digaji tersebut syaratnya harus mampu menjadi Imam, bisa jadi patunan, bisa menjadi guru ngaji dan mampu berceramah fan juga akan mengisi pengajian – pengajian.

“Imam Masjid yang akan kita kasi Insentif adalah yang harus bisa jadi Imam, Harus nisa Tutwuri Handayani, bisa jadi panutan, bisa ngaja ngaji, bisa ceramah dan dia akan mengisi setiap ada acara pengajian. Jadi Imam Masjid yang punya kualitas,” Imbuhnya.

Kepala Kemenag Enrekang H Kamaruddin menyambut baik apa yang dilakukan Pemkab Enrekang. Ia mengatakan seluruh unsur harus merespon dengan baik apa yang dilakukan Bupati Enrekang yaitu memberikan insentif bagi para Imam Masjid meskipun itu dilakukan secara bertahap.

“Pada prinsipnya kami sangat menyambut baik apa yang dilakukan oleh Pak Bupati. Ini adalah kabar baik dan kabar gembira bagi para Imam Masjid yang ada di Enrekang karena secara bertahap Pemkab berupaya meningkatkan kesejahteraan hidup mereka,” Pungkas Kamaruddin. (Sry)

To Top