MAKASSAR CITY

Silaturahmi di Darul Aman Gombara, Pj Wali Kota Makassar: Kita Dukung Kampung Santri

MAKASSAR,UPEKS.co.id— Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Darul Aman Gombara dan diterima oleh Ketua Yayasan Buq’atun Mubarakah yang juga anggota DPRD Makassar dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Iqbal Djalil, Sabtu (20/7/2019).

Pada kesempatan itu, Iqbal Suhaeb didampingi oleh Iqbal Djalil memantau kanal di kawasan pondok pesantren yang kendati telah dibersihkan kembali kotor oleh sampah rumah tangga.

Terkait dengan kondisi tersebut, Iqbal Suhaeb menegaskan, pihaknya akan mengambil langkah-langkah strategis, seperti memasang jaring untuk menampung sampah dan juga memanfaatkan kanal untuk pembibitan ikan.

“Saya tunggu suratnya, silahkan kita melakukan kerjasama. MoU-nya disiapkan bersama dengan Dinas Perikanan untuk pembibitan ikan. Selain itu, kalau saluran airnya sudah bersih, bisa juga dibikin sebagai kawasan wisata,” ungkap Iqbal Suhaeb.

Disisi lain, Iqbal Suhaeb juga memberikan apresiasi tentang usulan kawasan Gombara menjadi Kampung Santri. Apalagi, di kawasan tersebut terdapat beberapa pondok pesantren, seperti Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah.

“Saya rasa ini usulan yang sangat baik, ini bisa menjadi insiatif atau juga lewat Perwali. Jadi nanti ada monumen yang menunjukkan kalau ini kampung santri, ada tulisan welcome atau semacamnya di monumen itu,” ungkap Iqbal Suaheb.

Sementara itu, Iqbal Djalil yang mendampingi mengungkapkan terima kasih atas atensi dari pejabat wali kota Makassar. Terkait dengan kanal atau saluran air yang ada di kawasan pesantren, Iqbal Djalil menyebutakan, saluran air itu walaupun sudah dibersihkan, tapi selalu tercemar lagi dengan kiriman sampah rumah tangga.

Terkait hal itu, menurut dia kesadaran masyarakat harus diperbaiki agar tidak lagi membuang sampah di saluran air.

Sedangkan terkait Kampung Santri untuk kawasan Gombara, menurut Iqbal Djalil, pesantren di kawasan tersebut telah berdiri puluhan tahun, telah menelorkan banyak santri, sehingga menjadikan kawasan Gombara sebagai Kampung Santri merupakan hal yang cocok.

“Di Pesantren Darul Aman Gombara ini juga ada program hafidz 30 juz Quran, kalau misalnya ada dari non santri atau dari pemerintah kota ada utusan untuk belajar dan menjadi hafidz, Pesantren Darul Aman siap mendampingi,” pungkasnya. (rls)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!