SULAWESI SELATAN

TK/PAUD Wilayah III Ujungbulu Simulasi PKG

BULUKUMBA,UPEKS-TK/PAUD Wilayah III Ujungbulu Kabupaten Bulukumba menggelar kegiatan Simulasi dalam rangka Penilaian Kinerja Guru(PKG).

Kegiatan ini berlangsung di TK Pembina Negeri Ujungbulu Kabupaten Bulukumba,Sabtu,12 Oktober 2019.

Pengawas TK /PAUD Wilayah III Ujungbulu Kabupaten Bulukumba Hj.Rohani mengatakan,kegiatan simulasi ini dalam rangka penilaian kinerja guru,dimana kami melatih kepala sekolah TK wilayah III untuk mengumpulkan catatan fakta dimana didalamnya bahwa catatan fakta ini sangat dibutuhkan dan sangat signifikan,sangat berkaitan dengan nilai yang akan diberikan kepada guru gurunya dilapangan nanti.,jelas dia.

Oleh karena itu berdasarkan dari catatan fakta tadi,selama proses pembelajaran inilah yang akan dibawah turun oleh kepala sekolah,dalam rangka memberikan penilaian kinerja kepada guru guru,jelasnya.

Tujuannya ini,bahwa tahun tahun kemarin,rata rata kepala sekolah TK masih kebingungan di dalam mengimplementasikan antara catatan fakta dengan bagaimana mengamulerasikan masuk ke penilaian kinerja yang seharusnya,sehingga hari ini kami betul betul menginginkan setelah kegiatan ini,mulai hari senin depan,kepala sekolah TK diharapkan sudah mampu mengumpulkan catatan fakta,mengamati,memantau kegiatan guru gurunya dalam rangka penilaian kinerja kedepan sampai desember nanti,jelas dia.

Lanjut kata dia,Sekali lagi kami berharap untuk wilayah III ini,menjadi cerminan utama,bahwa penilaian kinerja guru bukan lagi sekedar memberikan nilai kepada guru tetapi betul betul dengan catatan fakta integritas dengan tidak melakukan bahwa catatan itu ada asumsi didalamnya,tetapi betul betul apa yang dilakukan mencatat apa adanya bukan ada apanya,jelasnya.

Ditambahkan,latar belakang kita lakukan kegiatan ini karena setiap tahun ada penilaian kinerja guru atau PKG dan selama ini,tahun kemarin rata rata kepala TK,masih ada kepala sekolah TK wilayah lain yang memberikan penilaian abal abal kepada guru gurunya,kenapa saya katakan abal abal karena fakta integritas selama setahun itu,kepala sekolah tidak memberikan catatan yang seharusnya seperti apa yang dilakukan guru,jelas dia.

“Nah,hari ini kami sudah melihat,bahwa ada beberapa indikator yang belum dilaksanakan oleh guru diantara 16 kompetensi yang diharapkan,sementara tahun tahun kemarin,kami terlalu gampang memberikan penilaian angka 4,yang seharusnya tadi,ada yang hanya sampai maksimal hanya angka 2 yang sebenarnya”,jelasnya.

Kegiatan ini dihadiri dan disaksikan langsung oleh Pengawas TK/PAUD  Wilayah III Ujungbulu Kabupaten Bulukumba,Hj.Rohani.

Turut dihadiri 9 kepala Sekolah TK /PAUD wilayah III Ujungbulu Kabupaten Bulukumba diantaranya,KepalaTK Pembina Negeri Ujungbulu Erma Ernawati,S.Pd.i,MM ,Kepala TK Nurul Tjarah Hasnawati,S.Pd,Kepala TK Jaya Purnama Indriani,S.Pd,Kepala TK Ananda Hartini Rasyid,S.Pd.i, Kepala TK Ade Sumarni Syam,S.Pd ,Kepala TK PKK Mawar Adillah Sari,S.Pd,Kepala TK Idhata 1 Rosmini,S.Pd,KepalaTK Arriyad Karni,S.Pd dan Kepala TK Fatimah Hj.Haslinda,S.Pd.(IPA)

To Top