Muhammadiyah Sulsel Gelar Pengajian Ramadan, Gubernur Diundang Hadiri Pembukaan

  • Bagikan

MAKASSAR,UPEKS.FAJAR.CO.ID— Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulawesi Selatan melalui Majelis Pendidikan Kader (MPK) akan menggelar pengajian Ramadan selama dua hari, yakni Sabtu–Ahad 9–10April 2022.

Pengajian ini akan digelar secara hybrid, daring (online) via zoom dan luring (tatap muka). Untuk pelaksanaan secara luring akan dihelat di Balai Sidang Muktamar Kampus Unismuh Makassar

Ketua panitia, Dahlan Sulaiman mengungkapkan, pengajian Ramadan ini merupakan kegaiatan rutin yang senantiasa dilaksanakan setiap tahun.

“Pengajian ini penting dilaksanakan sebagai wadah silaturahim dan memperbaharui semangat ber-Muhammadiyah bagi para pimpinan, anggota majelis dan lembaga, serta kader-kader Perserikatan,” ungkap Dahlan.

Ia juga mengungkapkan, materi pengajian Ramadan kali ini merujuk pada tema “Meneguhkan Nilai-nilai Idelogi Muhammadiyah”.

“Pada dasarnya pengajian Ramadahan setiap tahun, tema dan materinya disesuaikan dengan kondisi dan realitas yang ada,” kata Dahlan.

Tujuan utama pengajian ini, lanjut Dahlan, memang untuk menguatkan spirit dan ideologi Muhammadiyah pada setiap level kepemimpinan dalam perserikatan.

“Hal ini pula sejalan dengan tugas pengaderan yang selama ini dilaksanakan oleh MPK,” ungkap Dahlan.

Ia melanjutkan, diharapkan dari pengajian ini, pimpinan dan warga Perserikatan dapat merefleksi sehingga memahami misi gerakan Muhammadiyah dalam melaksanakan aktivitas organisasi maupun mengelola amal usaha Muhammadiyah (AUM).

Ia juga menyampaikan, Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman diundang untuk menghadiri dalam pengajian Ramadan tersebut.

Ada pun pemateri-pemateri yang akan disampaikan dalam pengajian tersebut adalah Dr. Syaiful Saleh yang akan berbicara terkait “Muqaddimah AD Muhammadiyah” serta Dr. K.H. Alwi Uddin dan K.H. Ahmad Tawalla yang akan berbicara terkait “Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah (MKCHM)”.

Hadir pula sebagai pembicara K.H. Mawardi Pewangi yang akan mengupas terkait “Kepribadian Muhammadiyah”. Sementara itu, materi “Khittah Perjuangan Muhammadiyah” akan disampaikan Dr. K.H. Mustari Bosra, dan materi “Darul Ahdi Wasysyahadah” yang akan diulas oleh Prof. Dr. Irwan Akib.

Sekretaris Majelis Tarjih PWM Sulsel, Dr. K.H. Abbas Baco Miro juga dijadwalkan akan membincang terkait “Ketarjihan terkhusus Masailul Amaliah fii Ramadhan”, dan terakhir, Prof. Dr. Ambo Asse yang akan berbicara terkait Aktualisasi Perilaku Islam yang Mencerahkan. (aca)

  • Bagikan