Sidak di Pasar, BPOM Temukan Produk Makanan Berbahan Pewarna Tekstil

  • Bagikan

PANGKEP,UPEKS.FAJAR.CO.ID Balai besar Badan pengawas obat dan makanan (BPOM) Makassar melakukan inspeksi mendadak (sidak) di pasar Pangkajene, Kamis (14/4/22).

Sebanyak 37 produk, makanan dan minuman dilakukan sampel uji coba. Hasilnya, ditemukan tujuh makanan dan yang menggunakan pewarna tekstil.

“Diantaranya, minuman. Cao, terasi dan ebi(ronto). Ditemukan juga bahan pewarna kainnya,” ujar kepala Balai besar BPOM Makassar, Hardaningsih.

Ia mengatakan, sanksi yang diberikan atas temuan ini dengan mengamankan produk yang menggunakan pewarna tekstil dan memberikan edukasi agar menggunakan pewarna makanan.

“Sudah kita amankan, kita amankan supaya tidak dijual lagi. Kita minta diganti pakai pewarna makanan, bukan pewarna tekstil,”tambahnya.

Menanggapi temuan BPOM adanya produk, makanan dan minuman yang menggunakan pewarna tekstil. Bupati Pangkep Muhamad Yusran Lalogau(MYL), mengimbau warga tidak lagi menggunakan pewarna tekstil.

“Seperti pada saat perayaan Maulid, dimana para masyarakat mewarnai telur dengan pewarna pakaian, kita harapkan para masyarakat tidak menggunakannya lagi pada makanan,” ucapnya. (Sah)

  • Bagikan