Risfayanti: Tak Boleh Ada Diskriminasi di Sekolah

  • Bagikan

MAKASSAR, UPEKS --- Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan dari fraksi PDI Perjuangan Risfayanti Muin menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosper) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Sekolah Ramah guru dan Siswa bersama warga Kelurahan Masale, Kecamatan Panakkukang di Hotel Grand Imawan, Kamis (28/4/2022).

Dalam sambutannya Risfayanti menjelaskan pada peserta proses dari pembentukan Perda Sekolah Ramah Guru dan Siswa. Ia menceritakan, pada mulanya Perda tersebut diusulkan oleh Komisi E DPRD Sulsel.

Hingga akhirnya dilanjutkan pembahasannya di Bapenperda DPRD Sulsel dengan segala dinamikanya, dan berujung menjadi perda. Perda ini, kata Risfayanti, menghapus diskriminasi dalam dunia pendidikan. "Tidak ada lagi diskriminasi, bahkan tidak ada lagi sekolah unggulan dan bukan unggulan," ujarnya.

"Yang jauh sekolahnya tidak ada peminatnya, sekolah yang dicitrakan unggulan semua orang mau masuk di situ. Jadi tidak boleh ada diskriminasi semua orang punya kesempatan yang sama untuk masuk sekolah," tambah Risfayanti.

Di samping itu, Perda tersebut menjamin hak-hak bagi guru maupun siswa. "Sekolah menjamin hak bagi guru dan siswa. Tidak ada lagi siswa yang merasa terbebani. Dan guru menjadi orang tua dan model bagi muridnya," ujarnya.

Sementara pembicara pada Sosper kali ini adalag Plt. Kepala UPT Pelayanan TIK Pendidikan Dinas Pendidikan Sulsel, Zulkhairil. Pada kesempatan ini, ia menjelaskan pandemi memperlihatkan kenyataan tentang susahnya menjadi guru.

Hal tersebut menjadi pelajaran, jika kerjasama antar guru dan siswa dalam membentuk siswa adalah hal yang diperlukan saat ini. 

Kerjasama itu salah satunya dapat terwujud melalui saling menghormati. Bahkan jika terjadi bully dan tindak kekerasan pada siswa, tak seharusnya orang tua main hakim sendiri di sekolah.

"Kalau pun ada tindak kekerasan ada namanya sidang kode etik. Di situ guru akan disidang tentang kasus yang terjadi. Pada intinya kita ingin sekolah yang nyaman bagi guru dan siswa," tandasnya. (jir)

  • Bagikan