Jemaah Kloter 1 Embarkasi Makassar Bimbingan Manasik Haji di Area Masjid Nabawi

  • Bagikan

Madinah, UPEKS.FAJAR.CO.ID — Jemaah haji yang tergabung dalam kloter 1 Embarkasi Hasanuddin Makassar telah memasuki hari ketujuh berada di Kota Madinah sebagai bagian persiapan sebelum proses ibadah Haji dijalani.

Usai menuntaskan ibadah salat Arbain, selanjutnya jemaah gabungan dari Kota Makassar, Kota Parepare dan Kabupaten Soppeng akan berangkat menuju Mekkah.

Pembimbing Ibadah Kloter 1, H. Abdul Gaffar yang juga merupakan Kepala Bidang Penerangan Agama Islam (Penais Zawa) Kanwil Kemenag Sulsel menyampaikan, jemaah haji kloter 1 Embarkasi Makassar kembali akan mengikuti manasik haji di Masjid Nabawi.

“Jemaah haji akan diberikan bimbingan tata cara pelaksanaan umrah, ibadah selama di Madinah dan adab ziarah di makam Rasulullah dan pemakaman Baqi,” ujar, Rabu (22/6/2022).
Mantan Kakan Kemenag Parepare ini menjelaskan, jemaah dijadwalkan ke Mekkah pada Sabtu, 25 Juni 2022.

“Persiapan keberangkatan ke Mekkah dijadwalkan pada hari Sabtu, 25 Juni 2022, pukul 14.00 waktu setempat berdasarkan hasil bayan tarhil yang telah disepakati dengan pihak majmu’ah,”terangnya.

Bagi jemaah yang tidak sempat mengikuti bimbingan manasik di Masjid Nabawi, Abdul Gaffar mengatakan jemaah bisa mengikuti bimbingan manasik di 3 hotel yang telah dijadwalkan sebelumnya yakni di Hotel Silver Tabah, Hotel Arjwan Alsalam dan Hayyah Taibah Hotel setelah salat Asar, Isya dan Subuh.

“Insya Allah akan kami pastikan semua jamaah mendapat penjelasan manasik sebelum keberangkatan menuju Mekah demi kesempurnaan pelaksanaan ibadah umrah jamaah kloter 1,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Ketua kloter 1, Muhammad Ramli Rasyid juga menjelaskan tentang teknis keberangkatan dan barang bawaan jemaah sesuai hasil rapat koordinasi dengan pihak daker beberapa hari yang lalu.

Pada Kamis (23/6/2022) Pembimbing Ibadah, H. Abdul Gaffar kembali menginformasikan, jemaah haji kaum jemaah perempuan sudah mulai memasuki Raudhah. Berdasarkan video yang dishare, nampak para jemaah Wanita antusias mengikuti antrian masuk Raudhah dengan tertib.

  • Bagikan