19 Juli 2022, Pengumuman Kelulusan Peserta Jalur Mandiri UNM

  • Bagikan

MAKASSAR,UPEKS.FAJAR.CO.ID— Sebanyak 6.858 peserta Calon Mahasiswa Baru (Camaba) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengikuti tes jalur mandiri, Rabu (13/7/2022) serta pengumuman kelulusan tanggal 19 Juli 2022 mendatang.

Bagi Camaba yang memiliki kemampuan menghafal Al-Qur’an atau hafidz berkesempatan bergabung bebas tes di UNM.

Kebijakan ini diberikan oleh UNM bagi calon mahasiswa yang menghafal Al-Qur’an minimal 15 juz.

“Kebijakan ini bagi hafidz dan hafidzah atau Camaba yang menghafal Al-Qur’an minimal 15 juz,” ungkap Rektor UNM, Prof. Husain saat Jumpa Pers usai melakukan pemantauan tes Jalur Mandiri, Rabu (13/7/2022).

Menurut Prof. Husain, bagi Camaba memenuhi kriteria tersebut, terlebih dahulu mengikuti tes kemampuan apakah betul-betul mampu menghafal Al-Qur’an, sesuai teknik yang diberlakukan selama ini. 

“Namun ada verifikasi apakah memang betul dia penghafal atau bukan,” tutur Husain Syam.

Disamping itu. Menurut Prof. Husain, Camaba yang memenuhi kriteria tersebut terlebih dahulu dinilai dari sikap dan beberapa kriteria lainnya. 

Hal itu dilakukan, agar penjaringan Camaba yang berprestasi utamanya penghafal Al-Qur’an dapat terjaring sesuai yang diharapkan.

Selain bebas tes, juga Camaba yang berprestasi khususnya hafidz dan hafidzah atau penghafal nantinya juga berkesempatan mendapatkan keringanan untuk membayar UKT.

“Mahasiswa prestasi dan hafidz akan dibawa ke UKT terendah,” ungkap Prof. Husain. 

Prof Husain Syam sangat optimis dengan mereka yang penghafal Al-Qur’an, adalah orang-orang yang bisa mengontrol dirinya hingga menunjukan kecerdasan.

“Orang yang menghafal Al-Qur’an berarti dia mampu memanage dirinya, berati mereka adalah orang yang cerdas,” tutup Prof. Husain. (aca)

  • Bagikan