Bone Bertebaran Menteri Sejak Orde Baru

  • Bagikan

 

Makassar, Uprks.co.id — Kurang lebih 500 kabupaten Kota di seluruh Indonesia, hanya Kabupaten Bone yang selalu memberikan orang-orang terbaiknya di kabinet Indonesia, di hampir setiap pelantikan kabinet tidak pernah alpa orang Bone menjadi Menteri dan pejabat setingkat menteri sejak orde lama hingga orde Kabinet Pak Jokowi.

Antara lain yang masih bisa diingat, Panglima Jusuf pernah juga menjabat menteri di Kabinet orde Baru, Jusuf Kalla, Andi Mallarangeng, Andi Galib, Andi Matalatta, dan masih banyak lainya. Di Kepolisian pernah orang Bone menjadi Kapolri (Idam Azis).

Itulah inti sari pembukaan Rakernas 1 KKM Bone, organisasi yang menaungi orang Bone di Tanah Rantau, mulai dari Sulawesi Selatan dan seluruh Nusantara, Bahkan sampai diluar negeri.

Pembukaan Rekernas I Kerukunan Keluarga Masyarakat Bone (KKMB) Bone Jumat malam di Hotel Four Poins By Sheraton, sangat memukau sejak pembukaan sampai akhir yang di pandu Master Ceremony (MC) dengan menggunakn bahasa Bugis asli diselingi bahasa Indonesia dan pantun.

Pertemuan orang Bugis Bone tadi malam terakbar sejak terbentuknya organisasi KKM Bone. Sebab hampir seluruh Tokoh-Tokoh orang Bugis Bone hadir, selain di hadiri Pengurus KKM Bone seluruh Indonesia ada Bupati Bone, juga dihadiri Tokoh-Tokoh orang Bone, antara lain; Andi Matalatta mantan Menteri Hukum dan Ham, Muclihlis Patahna Ketua Umum KKSS, ada beberapa Jenderal purnawirawan TNI dan Polri, kecuali Bapak Yusuf Kalla karena ada halangan.

Orang Bugis Bone bukan hanya mampu berkiprah di dunia perdagangan, tapi juga dibirokrat. Banyak yang sukses menjadi Bupati dan Gubernur di daerah lain. Bahkan saat ini Pejabat Di Sulawesi Selatan ada beberapa orang Bugis Bone, mulai dari Gubernurnya, Pangdamnya, bahkan saat ini Gubernur Kalimantan Barat di Jabat oleh orang Bugis Bone yang tadi malam juga sempat hadiri diacara pembukaan Rakernas KKMB.(rls)

 

Oleh, Anwar Thalib

  • Bagikan