Bangun Kampung Halaman, ABS Ramaikan Bursa Pilkada Bone

  • Bagikan

MAKASSAR, UPEKS.coid— Sejumlah nama mulai mengemuka menghadapi pelaksanaan pemilihan kepala daerah di Kabupaten Bone pada 2024.

Salah satu tokoh yang meramaikan bursa Pilkada Bone adalah Andi Burhanuddin Solong alias ABS.

ABS merupakan pengusaha sekaligus politikus terkemuka yang lama berkarir di Kalimantan Timur.
Kiprahnya di dunia politik terbentang panjang. ABS pernah menjadi Ketua DPRD Kota Balikpapan.

Tak tanggung-tanggung, ABS menduduki pucuk pimpinan parlemen Kota Balikpapan selama dua periode yaitu 2004-2009 dan 2009-2014 melalui Partai Golkar.

Karier politik ABS makin melejit saat menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur pada 2014-2019.

Saat itu, ABS menjadi kader Partai Berkarya sekaligus menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Berkarya Kalimantan Timur.

ABS juga malang melintang di dunia organisasi. Pernah menjabat Ketua Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Kota Balikpapan, Ketua Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Balikpapan, Ketua MPW Pemuda Pancasila Kalimantan Timur, dan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Balikpapan.

Pada Pilkada 2024, lelaki kelahiran 15 Juni 1957 itu punya hajatan politik di kampung halamannya. Politikus gaek berdarah Kecamatan Kahu ini telah mempersiapkan diri untuk menjajal perebutan kursi nomor satu di Kabupaten Bone.

“Kami dari rumpun keluarga meminta beliau kembali untuk membangun ke kampung halaman,” kata salah seorang keluarga ABS, Haji Andi Firman Mappanganro, Selasa (2/8/2022).

Menurut Andi Firman, dorongan kepada ABS murni datang dari rumpun dan keluarga besar baik yang ada di Kabupaten Bone, maupun yang saat ini merantau di Kalimantan. Itu sebabnya, menghadapi momen politik mendatang, ABS mengusung tagline, “Pergi Mencari, Kembali Membangun Kampung Halaman”.

“Beliau juga punya keinginan besar untuk memberi sumbangsih yang nyata demi kesejahteraan masyarakat Bone,” ujar Andi Firman.

Menurut Andi Firman, sosok ABS diyakini bisa membawa perubahan signifikan dan lebih baik lagi bagi masyarakat di Kabupaten Bone. Alasannya, pengalaman panjang ABS sebagai politikus dan pengusaha di Kalimantan Timur, sedikit banyaknya akan menjadi bekal untuk diterapkan di kampung halaman.

Sementara itu, salah seorang anggota keluarga ABS, Andi Bau Zaldi Mappanyukki menyatakan turut memberi dukungan atas rencana pencalonan ABS di Bone. Sebagai persiapan, kata dia, Andi Bau Zaldi mengaku telah mengumpulkan simpul-simpul keluarga besar untuk memberi dukungan. Dia juga mengajak masyarakat, baik yang ada di Bone maupun yang tinggal di Kalimantan Timur untuk memberi dukungan serupa.

“Dengan restu dan dukungan masyarakat semua, kami yakin bisa memberi perubahan dan kesejahteraan bagi masyarakat di Bone,” imbuh cucu pahlawan nasional dan raja Bone ke-32, Andi Mappanyukki itu. (*)

  • Bagikan