Rindu Terbayar, Buka Puasa di Masjid Nabawi Setelah Dua Tahun Pademi

  • Bagikan

MADINAH, Upeks–Perjalanan ibadah umrah tahun sangat spesial dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, selama dua tahun pandemi Covid-19 Pemerintah Saudi Arabia sempat melarang jamaah dari luar untuk melaksanakan ibadah umrah.

Bahkan untuk ibadah lima waktu saja, berjarak dan harus menerapkan protokol kesehatan ketat, seperti menggunakan masker.
Namun kali ini, suasananya berbeda. Ibadah umrah dan ibadah shalat lima waktu tidak lagi berjarak meski tetap menggunakan masker.

Seperti diungkapkan owner Arrabbani Mitra Wisata Hj. Azizah Usman Malik, dalam aplikasi WhatsApp, suasana umrah kali sangat istimewa, perjalanan umrah bersama 45 jamaah konsorsium dari Talenta Tourism dan Randa Haramain karena merasakan buka puasa pertama di Kota Madinah Al-Munawwarah, di area Masjid Nabawi, Sabtu 2 April 2022.

Dia menyebutkan, hari pertama menunggu buka puasa seraya melihat langsung pembagian ifthar (makanan buka puasa, red), sangat senang.

“Alhamdulillah hari ini tepat 1 Ramadhan waktu Saudi Arabia, dimana saat kami menunggu buka puasa di pelataran Masjid Nabawi, Madinah Al Munawwarah. Menikmati Indahnya pemandangan pembagian Ifthar, Masya Allah Tabarakallah, ” ungkapnya.

Sementara H.Irsan Ali, dari Talenta Tourism mengungkapkan, pelaksanaan buka bareng di pelataran Masjid Nabawi, masih sama dengan suasana Ramadhan sebelum pandemi yang membedakan hanya protokol kesehatan. Seperti penggunaan masker dan hand sanitizer.

“Untuk jaga jarak sudah tidak ada lagi. Masya Allah, Setelah dua tahun rindu terbayarkan, ” katanya.

Tanda buka puasa melalui kumandang suara azan. Sejumlah jamaah umrah dan penduduk setempat menyantap menu buka puasa terdiri segelas air Zamzam dan sebotol air mineral, Kurma, Roti Maryam dan Laban (sejenis Susu Made in Saudi).

Karena jarak hotel hanya 100 meter dari masjid. Jamaah usai shalat magrib memilih kembali ke hotel, yakni Rawda Royal. Setelah itu kembali ke masjid melaksanakan Shalat Isya dan Taraweh 20 rakaat diikuti Witir 3 rakaat.

Usai menuntaskan ibadah di Masjid Nabawi dan ziarah di Kota Madinah Al-Munawwarah, rencana rombongan 6 April 2022 mendatang akan bertolak ke Kota Makkahtulmukarramah melaksanakan ibadah Umrah yang didahului miqad di Bir Ali.(rls)

  • Bagikan