Sejumlah Nama Kandidat Cabup Kolaka Sudah Diwacanakan

  • Bagikan

KOLAKA,UPEKS.FAJAR.CO.ID— Meski Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) baru akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang, namun sejumlah nama-nama kandidat calon Bupati Kolaka Sulawesi Tenggara (Sultra) kini sudah mulai diwacanakan oleh sekelompok masyarakat. Salah satu kelompok dengan mengatasnamakan Group Diskusi Calon Bupati Kolaka Ideal.

Israfi Sanusi Caco, salah satu anggota group diskusi Calon Bupati ideal telah merilis melalui group tersebut sejumlah nama, diantaranya. Pada urutan pertama ditempati nama H Muh Jayadin sekarang masih menjabat sebagai Wakil Bupati Kolaka sudah memasuki dua periode.

Pada urutan kedua ada nama H Tasman mantan Kepala Desa sekarang menjabat sebagai Ketua APDESI Sultra. H Tasman juga dikategorikan sebagai salah satu pengusaha sukses dalam bidang pertambangan. 

Di urutan ketiga ada nama Asmani Arief. Asmani adalah mantan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kolaka maju mencalonkan diri calon Bupati Kolaka berpasangan dengan H Syahrul Beddu sebagai rival incumbent H Ahmad Safei berpasangan H Muh Jayadin saat itu. Nasib berkehendak lain, Asmani gagal memperebutkan kursi kosong satu Kolaka, namun kini Asmani berhasil duduk diparlemen Kolaka melalui Partai Keadilan Sejahtera (PKS). 

Selanjutnya H Sainal Amrin, politisi Gerindra yang kini sudah empat periode duduk di Parlemen Kolaka juga salah satu bursa calon Bupati Kolaka dapat diperhitungkan. Sainal Amrin juga dikenal sebagai salah satu pengusaha lokal Kolaka yang cukup sukses. 

Pada urutan kelima ada nama Amri Jamaluddin salah satu figur muda. Amri adalah seorang pamong, sejumlah jabatan pernah diduduki mulai Kabag Humas Setda Kolaka, Camat Kolaka dan baru beberapa hari dilantik sebagai Kepala Dinas BKKBN Kolaka.

Diurutan keenam ada nama H Ahdan politisi PPP kini menjabat sebagai Ketua Komisi II DPRD Kolaka. H Ahdan adalah kakak kandung dari Wakil Bupati Kolaka H Muh Jayadin. Diurutan ketujuh ada nama H Sjamsul Kadar Hanise kini masih menjabat sebagai Kepala Bappeda Kolaka. H Sjamsul Kada Hanise juga adik dari Bupati Kolaka H Ahmad Safei.

Pada urutan kedelapan ada nama Haris Rahim, kini menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kolaka. Haris Rahim adalah mantan Kepala Dinas Perhubungan Kolaka dan juga adik dari mantan Wakil Bupati Kolaka almarhum H Harun Rahim.

Kemudian pada urutan kesembilan ada nama H Yahya Darise juga mantan ASN Pemda Kolaka pernah menduduki jabatan sebagai Kabag Umum dan Perlengkapan Setda Kolaka. H Yahya Darise juga dikenal sebagai pengusaha lokal Kolaka cukup sukses.

Selanjutnya diurutan 10 ada nama H Jaya Bhakti pernah berkarier di lingkungan Pemda Kolaka sebagai Kasatpol Pamong Praja. Jaya Bhakti kini statusnya masih sebagai ASN di Pemprov Sultra.

Kemudian Hj Endang Abbas Buraera baru saja usai purna bhakti sebagai Sekretaris Pemprov Sultra. Dan selanjutnya pada urutan ke-12 ada tokoh muda Ashar Rasyid menjadi perbincangan publik.

Sementara nama lain yang selama juga mewacana dipublik seperti Hj Suwarsih Aras juga politisi Hanura kini masih duduk di Parlemen Kolaka. Dan H Bachrun Hanise kini masih menjabat sebagai Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura. H Bachrun kini sudah memasuki masa pensiun juga adalah saudara dari Bupati Kolaka H Ahmad Safei.

Hj Fairin Amrinah Sirang, salah seorang politisi partai Golkar juga anggota Komisi II DPRD Kolaka dimintai tanggapannya terkait nama-nama kini sudah mulai mewacana sebagai kandidat calon Bupati/Wakil Bupati Kolaka setelah Bupati Kolaka H Ahmad Safei bersama Wakilnya H Muh Jayadin menyelesaikan periode keduanya pada 15 Januari 2024 mendatang.

“Pilkada masih jauh, masih no coment, kami menunggu arahan partai,” ujar Fairin singkat. (pil)

  • Bagikan