119 CJH Soppeng, 11 Orang Masuk Kategori Risiko Tinggi

  • Bagikan

SOPPENG,UPEKS.FAJAR.CO.ID— Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Soppeng, Sallang mengatakan bahwa dari 119 Calon Jamaah Haji (CJH) asal Soppeng, 11 orang diantaranya masuk dalam kategori risiko tinggi.

“11 CJH ini terdiri dari dua laki-laki dan sembilan perempuan. Tujuh orang mengidap penyakit Hipertensi, dua orang diabetes militus, satu kolesterol tinggi dan satu penyakit asma,” katanya.

Seluruh calon jamaah haji dengan risiko tinggi ini dipastikan telah mengikuti pembinaan dan pengukuran kebugaran untuk persiapan kesehatan sehingga kemungkinan terburuk bisa diminimalisir.

“Sudah ada penanganan secara individual yang meliputi pemberian penyuluhan kesehatan termasuk pengobatan kepada calon haji. Selain itu, dalam pelaksanaan ibadah haji, setiap kloter telah disiapkan petugas kesehatan dalam rombongan, yaitu satu dokter dan satu perawat,” tuturnya.

Menurutnya, jumlah calon jamaah haji Soppeng dengan risiko tinggi ini tergolong rendah. Hal ini tidak lepas dari kebijakan pemerintah yang membatasi usia CJH maksimal 65 tahun.

Sekedar Diketahui, calon jamaah haji asal Kabupaten Soppeng akan tergabung dalam kloter 1 embarkasi Makassar, rencananya akan berangkat menuju Madinah pada 17 Juni 2022. (Min)

  • Bagikan