Jabat Plh, Kamriati Anies Mulai Bertugas di MTsN 3 Sinjai

  • Bagikan

Sinjai,UPEKS.FAJAR.CO.ID— Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Kasi Penmad) Kementerian Agama Kabupaten Sinjai, Kamriati Anies mengawali Tugasnya sebagai plh kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Sinjai sesuai dengan Surat Perintah Melaksanakan Tugas (SPMT) Nomor B-288/Kk.21.19/1-a/KP.07.6/06/2022 sebagai Pelaksana Harian (Plh) dimana Kepala MTsN 3 Sinjai sebelumnya melaksanakan Cuti Besar untuk Ibadah Haji ke Tanah Suci Mekkah Arab Saudi yang disambut langsung oleh Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) Bidang Kurikulum, Muhammad Amin,ketua Urusan Tata Usaha (Ka.TU) Raslinah  Pendidik dan Tenaga Kependidikan MTsN 3 Sinjai kamis pagi (30/06/2022)

Mengawali tugasnya sebagai Plh Kepala MTsN 3 Sinjai, Kamriati Anies pun telah mengundang segenap Pendidik dan Tenaga Kependidikan MTsN 3 untuk duduk bersama menghadiri rapat koordinasi menyambut Tahun Pelajaran 2022/2023 di Aula MTsN 3 Sinjai di mana  agenda rapat yakni pembagian tugas guru, laporan kinerja semua stakeholder (Wakil Kepala Madrasah, Kepala Unit Madrasah, Wali Kelas, Guru pengampu Mata Pelajaran, Pembina Ekstrakurikuler dan Keamanan Madrasah) serta pembahasan anggaran 2022/2023.

Kepala tata usaha Raslinah mengawali rapat kordinasi dengan mengucapkan selamat datang kepada kasi penmad kemenang sinjai yang juga merupakan plh kepala sekola MTsN 3 Sinjai 

“Kami segenap warga madrasah mengucapkan selamat datang kepada Ibu Kasi Penmad Kemenag Sinjai, Kamriati Anies. Semoga kedatangan ibu yang akan membersama kami selama kurang lebih satu bulan, membawa berkah bagi kami dan perubahan-perubahan yang lebih baik lagi,” ucapnya .

Raslinah lebih lanjut menginformasikan jumlah peserta didik kelas VII (tujuh) dan VIII (delapan) yang naik tingkat sebanyak 163 orang serta peserta didik kelas IX yang dinyatakan lulus sebanyak 82 orang. Sementara itu, peserta didik baru (PDB) hingga saat ini tercatat sebanyak 94 orang. Selain itu, Ia juga menyampaikan jumlah Pendidik PNS sebanyak 19 orang, Pendidik Non PNS sebanyak 17 orang, PPPK sebanyak 13 orang dan Tenaga Kependidikan sebanyak 16 orang.

Sementara Kasi Penmad Kemenag Sinjai yang diberi amanah sebagai Plh Kepala MTsN 3 Sinjai dalam arahannya menyampaikan bahwa kedatangannya ke MTsN 3 adalah untuk membersamai MTsN 3 selama Muh Jamil menjalankan ibadah di Tanah Suci. Semoga ke depan menjadi madrasah lebih baik sesuai dengan tagline madrasah “Mandiri Berprestasi”.

“Untuk menjadi Madrasah Mandiri berprestasi tentu kita tidak tinggal diam saja Bapak/Ibu. Ciri-ciri ketidakberhasilan itu adalah DIAM. Apa yang harus kita lakukan agar tagline itu bisa melekat pada MTsN 3?,” tutur Ria Anies sapaan akrabnya.

Kamriati Anies yang juga telah didaulat menjadi Ketua Forum Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Provinsi Sulawesi Selatan memaparkan beberapa PR yang harus dilakukan MTsN 3 agar menjadi madrasah yang maju Mandiri Berprestasi, yakni evaluasi program, guru menjadi teladan, komunikasi dan keterbukaan.

“Setiap pergantian tahun ajaran, kita harus evaluasi, Bapak/Ibu. Tujuannya apa? Agar kita tahu program-program apa saja yang telah berjalan sesuai SOP dan apa yang harus kita perbaiki ke depannya. Seluruh stakeholder di madrasah itu ibarat tali rantai, tidak boleh putus. Humas dan kesiswaan harus saling bergandengan menggait peserta didik masuk ke madrasah kita. Yang mendorongnya adalah kegiatan ekstrakurikuler madrasah. Semakin banyak kegiatan di madrasah, semakin tertarik peserta didik untuk masuk ke madrasah,” ungkapnya.

“Kemudian, seorang guru harus menjadi teladan yang baik bagi peserta didiknya. Anak adalah peniru terbaik, maka tunjukkan sesuatu yang baik untuk ditiru. Jika kita menginginkan peserta didik kita rajin, maka gurunya pun harus rajin. Jika dalam madrasah itu ada kelompok-kelompok, saya yakin madrsah itu tidak akan maju. Bangun komunikasi yang baik, Bapak/Ibu. Komunikasi harus jalan agar tetap berada dalam satu rel. Jika ada masalah, komunikasikan ke Kepala Madrasah supaya ada keterbukaan satu sama lain,” tambahnya lagi.

Kamriati Anies yang juga pernah menjabat sebagai Kepala MAN 1 Sinjai membagikan pengalamannya. Sosok pemimpin teladan yang tegas, disiplin dan ramah telah membawa banyak perubahan di MAN 1 Sinjai, hingga kini MAN 1 telah dikenal dengan prestasinya hingga ke tingkat Nasional. Harapan yang sama pun bagi MTsN 3 Sinjai bisa menjadi Madrasah Mandiri Berprestasi.

Wahyu Firmansyah, seorang Pendidik Pengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia yang juga hadir dalam rapat tersebut menyampaikan rasa syukurnya dapat duduk bersama untuk membahas langkah-langkah MTsN 3 Sinjai agar menjadi lebih baik lagi ke depannya. 

“saya merasa tercharge kembali semangatnya untuk menyambut tahun ajaran baru setelah beberapa penguatan yang disampaikan langsung oleh Kasi Penmad Kamriati Anies selaku Plh Kepala MTsN 3 Sinjai” ujar wahyu

Dengan kostum merah membara sebagi cermin semangat para Pendidik dan Tenaga Kependidikan MTsN 3 Sinjai pun tak lupa diabadikan dalam bentuk foto bersama Plh Kepala MTsN 3. (awl)

  • Bagikan