2 Tim Robot PNUP Ikut Kompetisi KRI 2022 di ITS Surabaya

  • Bagikan

Makassar, Upeks–Kampus Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) mengikutsertakan dua tim robot yakni KRTMI dan KALUARA dalam ajang Kompetisi Robot Indonesia (KRI) 2022 yang dilaksanakan di graha Institut Sepuluh November (ITS) Surabaya Jawa Timur, 29 Juni – 3 Juli 2022.

Dharma Aryani PhD selaku pembimbing KRTMI menyampaikan, KRI adalah kegiatan kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika yang diselenggarakan oleh pusat prestasi nasional Kemendikbudristek.

“KRI 2022 menerapkan konsep hybrid yang berbeda dari tahun sebelumnya yang diselenggarakan secara daring dan sekarang secara onsite dan berlangsung di graha ITS Surabaya,” jelas dosen elektro sekaligus pembina UKM robot PNUP ini.

Lebih lanjut Dharma Aryani menambahkan,  sebelum melanjutkan ke tingkat nasional, semua perguruan tinggi yang ikut harus melewati babak penyisihan pada tingkat wilayah. Dari 6 divisi robot yang dilombakan, tim robot Jurusan Teknik Elektro (JTR) PNUP, EPROM, mengikuti 3 divisi kegiatan yaitu Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda, Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI), dan Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI).

“Untuk Divisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda, dari 52 Perguruan Tinggi diseleksi pada tingkat Wilayah namun robot Pa’golo dari tim robot JTE PNUP belum berhasil melanjutkan ke tingkat Nasional,” ucapnya melalui rilis yang diterima dari graha ITS Surabaya.

Achmad Zubair ST MT selaku pembimbing Tim KALUARA menambahkan bahwa untuk Divisi Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), dari 99 Perguruan Tinggi diseleksi pada tingkat Wilayah dan menyisakan 24 Perguruan Tinggi melanjutkan ke tingkat Nasional termasuk didalamnya Robot Kaluara dari Tim Robot JTE PNUP. Pada tingkat Nasional Tim Robot JTE PNUP berhasil lolos ke 16 besar.

“Untuk Divisi Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI), dari 59 Perguruan Tinggi diseleksi pada tingkat Wilayah dan menyisakan 24 Perguruan Tinggi yang akan melanjutkan ke tingkat Nasional termasuk didalamnya Robot PK10 dari Tim Robot JTE PNUP,” ucapnya di sela kontes berlangsung kemarin.

Andi Wawan Indrawan MEng yang ikut mendampingi tim robot PNUP di ITS Surabaya menambahkan meskipun pada tingkat Nasional Tim Robot JTE PNUP belum berhasil lolos ke 16 besar, tetapi lolos pada tingkat Nasional sudah merupakan suatu prestasi.

“Ini merupakan kali pertama Tim Robot JTE PNUP mengikuti perlombaan Robot pada Divisi KRTMI dan berhasil masuk ke 24 besar pada tingkat Nasional mengalahkan 35 Perguruan Tinggi lainnya yang sudah lama mengikuti Divisi ini,” jelas dosen D3 teknik listrik PNUP ini.

Tim Robotika EPROM PNUP terdiri dari mahasiswa dari beberapa program studi di Jurusan Teknik Elektro (JTE) yang memiliki minat dan bakat di bidang robotika dan sistem cerdas. (*)

  • Bagikan