203 Mahasiswa UMB di Wisuda, Rektor Jumase Basra: Sarjana memiliki Tanggungjawab Yang Lebih Luas

  • Bagikan

BULUKUMBA,UPEKS.FAJAR.CO.ID— Universitas Muhammadiyah Bulukumba menggelar rapat senat terbuka luar biasa dalam rangka Wisuda Sarjana Angkatan III, di Auditorium KH. Ahmad Dahlan, Kampus II Universitas Muhammadiyah Bulukumba, Selasa (9/8/22).

Rapat di pimpin Ketua Senat Drs. Jumase Basra, M.Si yang juga Rektor Universitas Muhammadiyah Bulukumba, menyampaikan, sebanyak 203 orang lulusan FKIP Universitas Muhammadiyah Bulukumba, terdiri dari Prodi PNF 64 orang, Prodi Pendidikan Biologi 39 orang, Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia 43 orang, dan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris 57 orang.

“Lulusan ini merupakan salah satu perwujudan bentuk tanggung jawab Universitas Muhammadiyah Bulukumba. Dengan di wisudanya 203 orang, maka Universitas Muhammadiyah Bulukumba telah menghasilkan lulusan terbanyak tahun sebelumnya 232 orang ditambah wisuda hari ini 203 orang dengan total 435 telah di wisuda,” kata Jumase Basra.

Jumase, juga menyampaikan atas nama seluruh civitas akademika UMB mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati atas keberhasilannya menyelesaikan studi di UMB. 

“Kepada orang tua, orang tua asuh, donatur, penyedia beasiswa dan keluarga wisudawan saya ucapkan terimakasih. Ketika saudara menjadi sarjana, maka tanggungjawab sosial berada di pundak saudara. Tentu saja, setiap individu mengemban tanggungjawab sosial dan warga negara Indonesia mengemban tanggungjawab menjaga kehormatan dan kedaulatan negara. Tetapi, seorang sarjana memiliki tanggungjawab yang lebih luas, di karenakan ilmu yang di miliki,” jelas Jumase.

Rektor berharap, khusus kepada para wisudawan wisudawati agar pengalaman selama belajar di UMB telah bertambah kematangan intelektualnya. Bahwa pendidikan pada perguruan tinggi merupakan pendidikan akhir sebelum terjun ke masyarakat dengan predikat sebagai ahli.

“Saudara hari ini, secara legal diakui telah memiliki ke ahlian tertentu sesuai dengan gelar akademik yang tercantum dibelakang nama anda. Dalam masyarakat anda sudah dianggap menjadi seorang pemimpin. Kami berharap nama baru anda ini benar-benar menggambarkan kompetensi anda pada bidang yang telah Anda pelajari di Universitas Muhammadiyah Bulukumba,” harap Jumase.

Turut hadir, Bupati Bulukumba di wakili Asisten 1 Bidang Administrasi dan Pemeriintahan Andi Baso Bintang, S.STP, LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat, Drs. Andi Lukman, M.Si, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan Drs. KH. Mawardi Pewangi, M.Pd.I, dan Majelis Dikti Litbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nurhadi, PhD. (sufri)

  • Bagikan