Fokus Tingkatkan Kepesertaan JKN, BPJS Kesehatan Jalin Sinergi dengan Pemkab Kepulauan Tanimbar

  • Bagikan

Asisten III Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Poly D. F. Matitaputty menyampaikan mengenai pentingnya melaksanakan forum komunikasi ini bagi masyarakat di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, terutama untuk meningkatkan sinergi, komunikasi, dan koordinasi antarpemangku kepentingan yang ada.

“Forum komunikasi ini merupakan salah satu media strategis dalam melaksanakan program jaminan kesehatan bagi masyarakat. Pada prinsipnya forum ini memiliki beberapa tujuan, yaitu membicarakan mengenai perluasan kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), mengetahui dan menindaklanjuti evaluasi pelaksanaan Program JKN, baik itu mengenai penyediaan sarana prasarana maupun pelayanan kesehatan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Hal ini semua dalam rangka membangun dan memaksimalkan kinerja agar program JKN dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ujar Poly.

Poly juga mengungkapkan bahwa pemerintah daerah di Kabupaten Kepulauan Tanimbar selalu berupaya memberikan perhatian terhadap jaminan kesehatan bagi masyarakat dari berbagai segmen. Bukan hanya itu, dirinya juga memberikan perhatian untuk kepesertaan JKN bagi tenaga kerja kontrak yang ada di lingkungan pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

“Hal ini karena tenaga kerja kontrak juga wajib menjadi peserta JKN dan kami akan memastikan terlebih dahulu mengenai jumlah pastinya untuk kemudian dikalkulasikan iuran kepesertaannya. Ke depannya kami ingin memastikan hak-hak tenaga kerja kontrak kita untuk mendapatkan jaminan kesehatan. Harapan kami seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Kepulauan Tanimbar dapat dijangkau oleh program JKN, mengingat kesehatan juga menjadi indikator penting dalam pelayanan publik,” tambah Poly.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon, HS Rumondang Pakpahan dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi atas kerja sama dan sinergi baik yang telah terjalin selama ini antara BPJS Kesehatan dengan pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

“Kami mengapresiasi kerja sama dan komunikasi baik yang telah terjalin selama ini. Harapan kami, Kabupaten Kepulauan Tanimbar dapat meningkatkan cakupan kepesertaannya sehingga lebih banyak lagi masyarakat yang bisa mendapatkan manfaat jaminan kesehatan dan untuk itu kami memerlukan sinergi dengan seluruh pemangku kepentingan yang ada,” kata Mondang. (yr)

  • Bagikan