Kartia: Tunggakan yang Dilunasi Lewat Rehab Lebih Murah dari Biaya di UGD Semalam

  • Bagikan

Takalar, UPEKS.FAJAR.CO.ID – Kartia (26) merasa sangat beruntung mengikuti Program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB) yang dihadirkan BPJS Kesehatan untuk melunasi tunggakan iurannya. Pasalnya, ketika anaknya harus dirawat di rumah sakit kepesertaan JKNnya sudah bisa digunakan lantaran tunggakan iuran kepesertaannya sudah lunas.

“Bersyukur sekali kartu saya waktu itu sudah bulan terakhir menyicil tunggakan iuran jadi bisa langsung dibayarkan dan lunas. Meskipun tetap kena denda pelayanan akibat kelalaian pembayaran, namun jumlahnya tidak besar dibandingkan kalau harus membayar umum,” jelasnya.

Terlebih, lanjut Kartia, apabila terdapat tunggakan yang cukup besar di mana tidak cukup dana untuk melunasi sekaligus, Program REHAB dapat menjadi solusi untuk mengaktifkan kembali status kepesertaannya yang non aktif.

Tia juga mengatakan bahwa dirinya mendapatkan pelajaran berharga tentang betapa pentingnya membayarkan iuran tepat waktu karena kondisi sakit bisa kapan saja terjadi. Pengalaman yang diperolehnya saat tiba-tiba anaknya harus dirawat dan kartunya belum aktif menjadikan Tia lebih menghargai pentingnya membayar iuran tepat waktu.

“Alhamdulillah empat hari dirawat pelayanannya bagus anak bisa sehat Kembali dan tidak ada biaya tambahan kecuali denda pelayanan saja akibat menunggak iuran,” pungkasnya.

Menurutnya, iuran JKN jauh lebih murah jika dibandingkan harus membayar pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan saat mengakses pelayanan. Melunasi tunggakan iuran dan denda akibat menunggak pun baginya masih jauh lebih murah dibandingkan pembayaran satu malam di UGD rumah sakit.

“Belum lagi biaya rawat inap anak yang dirawat selama empat hari. Kata pasien umum yang kebetulan satu kamar waktu itu, biaya yang harus sediakannya sama dengan lima kali pembayaran tunggakan iuran saya saat ini,” tutupnya.

  • Bagikan