Percaya Sejak Dulu, JKN Memberikan Jaminan Kepada Masyarakat Untuk Mengakses Layanan Kesehatan

  • Bagikan

Makale Utara, UPEKS.FAJAR.CO.ID – Hadirnya program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) telah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Indonesia dalam mengakses layanan kesehatan hingga saat ini. Salah satunya Yunus Tandi Linok (50), salah satu peserta JKN dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Tana Toraja.

“Saya ada peserta asuransi kesehatan dari masih zaman Askes hingga ke BPJS Kesehatan yang mengelola JKN, dulu peserta yang bisa terdaftar hanya Pegawai Negeri Sipil (PNS) sekarang seluruh masyarakat Indonesia sudah bisa. Semenjak dari dulu saya selalu langganan masuk rumah sakit disebabkan penyakit kronis saya,” papar Yunus, Kamis (30/06).

Lebih lanjut, Yunus menjelaskan bahwa selama menggunakan kartu JKN tidak ada kesulitan yang berarti yang dihadapinya. Seluruh prosesnya berjalan dengan mudah dan lancar. Sampai dengan mendapatkan ruangan, ia hanya perlu mengikuti prosedur yang ada pada rumah sakit tersebut.

“Karena sudah sering masuk rumah sakit saya paham betul bahwa jika kita mengikuti prosedur yang telah ditetapkan tidak ada yang namanya dipersulit, kalo yang namanya antri itu wajar karena semua orang berhak atas pelayanan kesehatan dan pelayanan kesehatan sudah merata dan tidak ada lagi batasan, apalagi hanya orang tertentu yang bisa akses pelayanan kesehatan, semua sama tidak ada yang dibeda-bedakan,” lanjut Yunus.

Yunus percaya dengan Program JKN akan ada kepastian untuk mendapat pelayanan kesehatan. Hal tersebut terlihat dari cepat tanggapnya fasilitas kesehatan atau provider BPJS Kesehatan dalam memberikan pelayanan bagi peserta JKN.

“Kalau sudah terdaftar menjadi peserta JKN, kita jadi merasa sudah ada kepastian untuk menjamin ketika kita sakit. Kita langsung mendapat pelayanan yang tanggap dari pihak fasilitas kesehatan tanpa harus menunggu lama,” tambah Yunus.

Di akhir pertemuannya, Yunus berharap Program JKN semakin sukses dan terus meningkatkan pelayanannya bagi seluruh peserta dimanapun berada. Tak lupa, ia juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan dan mendaftarkan dirinya menjadi peserta JKN untuk memberikan perlindungan jika suatu saat membutuhkan pelayanan kesehatan.

  • Bagikan