Senam Prolanis, Upaya BPJS Kesehatan Mengelola Kebugaran Penderita Penyakit Kronis

  • Bagikan

Makassar, UPEKS.FAJAR.CO.ID – BPJS Kesehatan berupaya menjaga kesehatan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui berbagai program promotif dan preventif. Salah satunya dengan menggalakkan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) untuk pasien diabetes melitus dan hipertensi.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Makassar, Greisthy E. L. Borotoding mengatakan baha kegiatan Prolanis sangat beragam, mulai dari aktivitas fisik seperti senam kebugaran hingga konsultasi dengan dokter spesialis yang didatangkan ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

“Melalui kegiatan senam ini, kami ingin mempromosikan betapa murahnya dan mudahnya menjalankan hidup sehat. Dampak jangka panjangnya diharapkan bisa menekan jumlah penderita penyakit katastropik di Indonesia,” jelas Greisthy.

Berbagai penyakit katastropik sangat bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat. Senam prolanis dilaksanakan sebagai bentuk penerapan pola hidup sehat melalui peningkatan aktivitas fisik dan merupakan salah satu dukungan BPJS Kesehatan kepada masyarakat dalam program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

Untuk itu, BPJS Kesehatan memberikan perhatian khusus pada program penyakit kronis karena apabila agar dapat dikelola dengan baik sebagai pencegahan timbulnya penyakit kronis tersebut.

Dalam rangka memperingati HUT ke-54 BPJS Kesehatan yang jatuh dibulan Juli pekan lalu, BPJS Kesehatan bersama FKTP Kerjasama di Kota Makassar mengadakan senam sehat bagi peserta Program Prolanis. Salah satunya diadakan oleh Klinik Azka Nadhifa, Selasa (12/07).

Tenaga kesehatan Klinik Azka Nadhifa, Sanny Yanisyah menuturkan dengan adanya pekan senam Prolanis dilakukan dalam rangka HUT BPJS kesehatan yang di laksanakan di seluruh FKTP diharapkan sebagai momentum  kembali normalnya kegiatan prolanis pasca pandemi covid-19.

Prolanis merupakan salah satu indikator penilaian Kapitasi Berbasis Komitmen Pelayanan untuk FKTP mitra BPJS Kesehatan. Harapannya, FKTP akan bersungguh-sungguh dalam mendorong mengelola Klub Prolanis.

“Peserta dapat menjaga risiko terkena penyakit kronis dengan mengikuti senam prolanis. (Dan) program pengendalian penyakit kronis yang tersedia di Klinik Azka Nadhifa,” tutup Sanny. (Ti)

  • Bagikan