Kadivpas Kanwil Kemenkumham Sulsel Panen Jagung di Rutan Klas IIB Jeneponto

  • Bagikan

Jeneponto,UPEKS.FAJAR.CO.ID— Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Sulsel bersama tim melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Jeneponto.

Kunjungan tersebut dalam rangka melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) kinerja pemasyarakatan dijajaran Rutan Klas IIB Jeneponto.

Disela-sela kunjungan tersebut, Kadivpas Kemenkumham Sulsel, Suprapto bersama tim juga meninjau dan melakukan panen jagung di lahan perkebunan Rutan Klas IIB Jeneponto.

Kepala Rutan Klas IIB Jeneponto, Hendrik mengatakan, berkebun jagung merupakan salah satu program pembinaan kemandirian yang dilaksanakan Rutan Kelas IIB Jeneponto bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

“Ini bukan kali pertama kita panen jagung. Kita memfasilitasi keahlian dalam program pembinaan kemandirian sebagai bekal WBP untuk kembali ke masyarakat nantinya. Salah satunya dengan berkebun jagung ini. WBP tidak sekadar menyelesaikan masa hukuman di dalam Rutan, namun mereka juga diberi kegiatan. Jadi kita fasilitasi mereka dengan menjalani sisa hukuman secara produktif di kebun yang dulunya kosong, sekarang sudah dimanfaatkan menjadi lahan produktif,” katanya.

Hendrik juga menuturkan, selain panen jagung, Kadivpas bersama tim dari Kanwil Kemenkumham Sulsel juga meninjau lahan perkebunan lainnya yang ada di Rutan Klas IIB Jeneponto. “Tidak hanya jagung, tapi juga memanfaatkan lahan kosong sebagai media bagi WBP untuk pembinaan kemandirian mereka. Seperti menanam terong, tomat, cabe, dan sayuran lainnya,” tuturnya. (rif)

  • Bagikan