Kemenag Sulsel: Da’i Harus Perkuat Wawasan Kebangsaan

  • Bagikan

Makassar, Upeks–Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Penceramah Agama adalah merupakan program Kementerian Agama (Kemenag) tentang Moderasi Beragama, agar terjaga kerukunan melalui peran da’i dan da’iyat.

“Da’i harus memperkuat wawasan kebangsaan melalui kecintaan terhadap tanah air, sebagai bagian dari iman,” kata Kepala Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kanwil Kemenag Sulsel, Dr. H. Abdul Gaffar, S.Ag, MA., saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka Bimtek Penguatan Penceramah Agama Islam Angkatan I, di Hotel Almadera, Jl. Somba Opu, Makassar, Senin, 19 Semptember 2022.

Abdul Gaffar yang mewakili kakanwil Kemenag Sulsel pada kesempatan itu mengatakan, da’i dengan kompetensi di bidangnya, senantiasa dapat mengajak umat atau masyarakat secara bersama sama, dalam menjaga kebersamaan, kerukunan dan toleransi antar umat beragama, sehingga harmonisasi kehidupan beragama dan berbangsa bisa terwujud.

“Penguatan seperti ini harus kita tanamkan, melalui peran penceramah dengan bahasa masing masing dan kearifan lokal yang ada,” tandas Abdul Gaffar yang juga mantan kepala Kantor Kemenag Kota Parepare ini.

Sebelumnya H. Sopyan Akhmad selaku penyelenggara dalam laporannya menyampaikan tujuan kegiatan ini, untuk menguatkan kompetensi penceramah dari aspek materi maupun metodologi dakwah. Memfasilitasi dan mendorong partisipasi masyarakat yang bertanggung jawab menyiapkan kader-kader penceramah yang memiliki kompetensi dari aspek materi maupun metodologi

Kegiatan ini, lanjut Sopyan Akhmad, diikuti 50 orang peserta, berlangsung selama dua hari dengan materi dan narasumber: Relasi Agama, Negara dan Budaya oleh Al Habib Syekh Sayyid Abdul Rahim Assegaf Puang Makka. Wawasan Ke Indonesiaan dan Ketahanan Nasional oleh Pangdam XIV Hasanuddin, Pengarusutamaan Moderasi Beragama oleh Ketua PW. Ansor Sulsel. Literasi Media Digital dalam Dakwah dan Strategi Dakwah di Era Milenial oleh Ketua MUI Sulsel. Issu Aktual Keagamaan dan Aksi Terorisme Dunia dan Upaya Penanggulangannya di Indonesia.

  • Bagikan