Wabup Tinjau Lokasi Pembibitan Gerakan Gowa Menanam Pohon

  • Bagikan

GOWA,UPEKS.FAJAR.CO.ID Wakil Bupati Gowa, H. Abdul Rauf Malaganni di damping Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, Fajaruddin meninjau lokasi pembenihan Wilayah II, Manggala Agni Parangloe, di Kecamatan Parangloe, Selasa (20/9/2022).

Kadis TPH Gowa, Fajaruddin mengatakan, peninjauan untuk mengetahui sejauhmana persiapan bibit pohon yang akan ditanam dalam rangka gerakan Gowa menanam pohon pada hari jadi Gowa yg jatuh pada November 2022 mendatang.

“Insya Allah November mendatang kita ada gerakan Gowa menanam pohon, itu dalam rangka menyambut dan memperingari Hari Jadi Gowa yang jatuh pada 17 November 2022 nanti,” kata Fajaruddin.

Fajaruddin juga mengungkapkan wilayah yang akan ditanami bibit yakni berada dalam kawasan hutan kritis utamanya di daerah dataran tinggi.

Selain itu kata Fajaruddin, adapun  bibit yg rencana di tanam yakni seperti pohon suren, bitti, jabon, jati, mahoni, sengon, dan kayu Afrika.

“Untuk jumlah bibit yang akan kita tanam itu 500 ribu sampai 700 ribu bibit pohon. Jadi ketinggian pohon itu 1 meter lebih biar mudah dilakukan pemeliharaan, selain itu insya Allah kita masih ada tambahan dari Balai Benih Sudiang,” katanya.

Adapun rencana gerakan Gowa menanam ini kata Kadistan itu dilaksanakan pada  awal Bulan November mendatang. Gerakan ini nantinya akan diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkab Gowa, jajaran forkopimda, instansi vertikal, perbankan, OKP  dan Ormas. 

Melalui gerakan Gowa menanam ini Fajaruddin berharap dapat menjadi solusi mengatasi dan  memperbaiki hutan yang gundul sehingga kawasan hutan hijau kembali untuk kemaslahatan bersama. 

“Kita tahu dengan menanam pohon dapat mencegah erosi tanah yang memicu terjadinya tanah longsor. Jadi nanti pohon membantu menahan tekanan air akibat hujan lebat , sehingga mengurangi resiko terjadinya tanah longsor dan banjir,” ungkapnya.

Peninjuaan lokasi ini juga di hadiri oleh kepala Dinas Lingkungan hidup Kabupaten Gowa Azhari Azis dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Muh. Basir. (Sofyan)

  • Bagikan