Merasa Aman, Warga Apresiasi Bhabinkamtibmas Kelurahan Malimongan

  • Bagikan

MAKASSAR,UPEKS.FAJAR.CO.ID— Tugas utama seorang anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri) di mana pun berada, adalah sebagai pengayom, pelindung dan pelayanan masyarakat.

Masyarakat membutuhkan kehadiran Polri. Begitu pun sebaliknya, Polri membutuhkan masyarakat. Polri dan masyarakat sehingga saling membutuhkan.

Ditubuh Polri sendiri, terdapat beberapa fungsi. Mulai fungsi Satuan Lalulintas, Satuan Reskrim, Satuan Reserse Narkoba hingga Satuan Sabhara atau Satsamapta.

Namun dari fungsi tersebut, ada satu fungsi yang selalu bersentuhan langsung dengan warga. Yakni anggota Sabhara yang ditugaskan sebagai Bhabinkamtibmas.

Dalam keseharian Bhabinkamtibmas harus turun langsung menyambangi warga binaannya. Seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas Kelurahan Malimongan Kecamatan Wajo Makassar, Aiptu Ilyas.

Sebagai ujung tombak Kepolisian, Bhabinkamtibmas Kelurahan Malimongan Kecamatan Wajo Makassar, Aiptu Ilyas dengan humanis selalu bercengkrama dengan warga binaannya baik diwaktu pagi, siang maupun malam hari.

Saat bercengkrama, Aiptu Ilyas selalu mengingatkan warganya agar tetap latuhi protokol kesehatan dan menciptakan suasana yang aman dan tidak gampang terprovokasi dengan issu issu yang tidak jelas.

Hal itu pun dibenarkan oleh Kasi Humas Polres Pelabuhan Makassar, Iptu Burhanuddin. Iptu Burhanuddin mengatakan, dengan adanya kegiatan yang dilakukan Bhabinkamtibmas Malimongan, diharapkan Polri bersama-sama masyarakat menjaga keamanan di lingkungan hidupnya.

“Dan jangan cepat percaya dengan berita hoax atau issu issu yang berkembang dan tidak jelas kebenarannya. Karena itu bisa menyebabkan perselisihan atau permusuhan diantara warga, ” ucap Burhanuddin.

Dg Rani, salah satu warga yang ditemui oleh Bhabinkamtibmas Kelurahan Malimongan Kecamatan Wajo Makassar, Aiptu Ilyas, sangat mengapresiasi apa yang dilakukan anggota Korps Bhayangkara tersebut.

Menurutnya, dengan kehadiran Bhabinkamtibmas tersebut warga merasa aman dan damai. Selain itu, warga bisa bercengkrama langsung dengan polisi.

“Saya sangat mengapresiasi Bhabinkamtibmas ini. Karena kami bisa menyampaikan langsung apa yang sering terjadi di lingkungan warga, ” ucap warga Kelurahan Malimongan ini, Kamis (6/10/22). (Jay)

  • Bagikan