Sosialisasi Pembayaran Taspen, Sekda Torut: ASN Perlu Diberi Jaminan Kesejahteraan dan Tabungan Hari Tua

  • Bagikan

TORUT,UPEKS.co.id— Sosialisasi Pembayaran Ketaspenan Kepada Calon Pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Daerah Kaupaten Toraja Utara. Pengenalan Bank BRI Cabang Palopo dan BRI Cabang Rantepao, dan Taspen sebagai Mitra Bayar PT. TASPEN (Persero). Kegiatan TERSEBUT di pusatkan diruang pola Kantor Gabungan Dinas, Kantor Bupati Toraja Utara, Jumat 07 Oktober 2022.

Dalam arahannya Sekretaris Toraja Utara, Salvius Pasang, berkesempatan untuk membuka secara resmi acara sosialisasi tersebut. Pada sambutannya ia mengatakan dalam organisasi pemerintahan, peranan dan kedudukan Aparatur Sipii Negara (ASN) sangatlah strategis. ASN merupakan unsur Aparatur Negara, Abdi Negara dan Abdi Masyarakat serta sebagai pelaksana pemerintah dalam menyelenggarakan roda pemerintahan dan pembangunan dalam rangka mewujudkan tujuan Negara ASN merupakan unsur Aparatur Negara, Abdi Negara dan Abdi Masyarakat serta sebagai pelaksana pemerintah dalam menyelenggarakan roda pemerintahan dan pembangunan dalam rangka mewujudkan tujuan Negara.

“Baik buruknya suatu pemerintahan sangat tergantung pada baik buruknya mesin birokrasi atau ASN sebagai penyelenggara pemerintahan itu sendiri,” ungkapnya.

Dengan kedudukan yang penting dan strategis tersebut, Sekda Torut mengatakan maka ASN perlu diberikan kesejahteraan yang memadai agar ASN dapat berkonsentrasi penuh menjalankan tugasnya sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. Untuk itulah Pemerintah telah berupaya meningkatkan kesejahteraan ASN tersebut sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dimana pada pasal 79 disebutkan Pemerintah berkewajiban untuk memberikan perlindungan dan kesejahteraan kepada PNS.

“Salah satu bentuk dari kewajiban tersebut adalah memberikan Jaminan Pensiun bagi PNS dan Jaminan Hari Tua. Dalam hal ini PT. TASPEN merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang khusus ditugaskan oleh Pemerintah untuk menyelenggarakan 2 (dua) jenis Program Jaminan tersebut, yaitu Program Pensiun dan Tabungan Hari Tua (THT),” lanjut Sekda.

Dalam acara ini juga turut dihadiri oleh Kadis Kominfo Toraja Utara Jhony Parubak, Kepala badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Dra.Cornelia Untung Seru M.Pd , Branch Manajer Taspen Palopo Bpk.SUTRISNO, Bpk. Wawan Indarno Pemimpin Cabang BRI Kanca Rantepao Para OPD terkait dan Dinas Pendidikan. (syafar)

  • Bagikan